OPTIMALISASI DESA WISATA BERBASIS UMKM MELALUI LOKAL BRANDING DESA SUMBERMUJUR KAB. LUMAJANG

Authors

  • Dheo Irfandanny Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Brian Tri Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Aida Kurnia Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Farraniza Artha Ridha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Catur Putri Enggit Reksiana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Zaki Zain Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Rafli Ferdiansyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Laodry Fat Dwi Prasetyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Clara Lucia Marghanita Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Mirza Aulia Salsabilla Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Daffa Novendra Aditama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kalvin Edo Wahyudi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5350

Keywords:

Desa Wisata; UMKM; Optimalisasi; Lokal Branding.

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi desa wisata yang berbasis UMKM melalui lokal branding. Pengembangan ini menjadi salah satu upaya penggerak perekonomian masyarakat, dimana UMKM yang ada di desa belum dikembangkan secara optimal. Perancangan lokal branding dilakukan di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang yang memiliki banyak Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) serta obyek wisata yang berpotensi besar untuk dikembangkan. Metode penerapan yang dilakukan dalam pengabdian ini terdiri atas lima langkah meliputi: survey lokasi, wawancara, Forum Group Discussion (FGD), bentuk kegiatan pengabdian, dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian ini adalah diperolehnya video YouTube, katalog, dan brosur yang mempromosikan obyek wisata hutan bambu serta UMKM yang ada di Desa Sumbermujur, antara lain Kopi Lereng Semeru, Bengkel Bambu, dan Batik Bambu Mujur.

References

Ambarwati, D., & Murdiyanto, E. (2021). Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.7

H, K. (1997). Desa Wisata Sumbermujur. Kepariwisataan. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/sumbermujur

Perguna, L. A., Irawan, I., Tawakkal, M. I., & Mabruri, D. A. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 204–214. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13727

Perguna, L. A., Irawan, I., Tawakkal, M. I., & Mabruri, D. A. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 204–214. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13727

T, K. J., Wibowo, & Febriani, R. (2017). Perancangan Media Promosi Desa Wisata Tulungrejo , Batu Abstrak Pendahuluan Pembahasan Metode Penelitian. Universitas Kristen Petra.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-12

Versions

How to Cite

Irfandanny, D. ., Kusuma, B. T. ., Sari, A. K. ., Ridha, F. A. ., Reksiana, C. P. E. ., Zain, M. Z. ., Ferdiansyah, M. R. ., Prasetyo, L. F. D. ., Marghanita, C. L. ., Salsabilla, M. A. ., Aditama, D. N., & Wahyudi, K. E. (2022). OPTIMALISASI DESA WISATA BERBASIS UMKM MELALUI LOKAL BRANDING DESA SUMBERMUJUR KAB. LUMAJANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1084–1090. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5350 (Original work published June 30, 2022)