DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK KASANG

Authors

  • Mitayani Mitayani STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Eka Putri Primasari STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Yuli Afmi Ropita Sari STIKes Mercubaktijaya Padang
  • Febriyanti Febriyanti STIKes Mercubaktijaya Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5334

Keywords:

Deteksi Dini, Tumbuh Kembang, Sekolah Taman Kanak-Kanak

Abstract

Deteksi dini adalah salah satu bentuk upaya dalam mencegah terjadinya dampak yang lebih besar akibat masalah tumbuh kembang. Hasil dari survei lapangan menunjukan bahwa dalam satu wilayah masih rendahnya pelayanan deteksi dini pada anak. Berdasarkan data dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) setempat terdapat banyak anak-anak yang mengalami masalah tumbuh kembang. Tumbuh kembang yang dimkasud adalah dalam segi fisik (tinggi badan, berat badan), social emosional, dan bahasa bicara. Oleh karena itu itu penulis membuat suatu pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat ini diselenggarangan di salahsatu sekolah taman Kanak-kanak. Untuk subjeknya adalah sebanyak 20 oang anak di sekolah tersebut. Kegiatan ini dimulai dengan mendeteksi masalah tumbuh kembang dari segi fisik (berat badan, tinggi badan), social emosional, dan bahasa bicara. Selanjutnya akan dilakukan intervensi berupa sosialisasi kepada guru dan orangtua berkaitan dengan deteksi sini tumbuh kembang. Hasil deteksi dini Berdasarkan pemeriksaan berart badan 14 orang anak berat badannya di bawah 18 Kg. Sedangkan untuk tinggi badan sebanyak 11 orang anak tinggi badannya di bawah 110 cm. Mental emosiaonal anak tidak terjadi masalah yang serius. Untuk deteksi bahasa bicaranya masih ada yang terdeksi memerlukan bantuan dalam perintah sederhana, masalah membedakan bunyi, pengucapan bunyi, masalah konsep kiri, kanan, depan, belakang dan ada yang belum bisa mengelompokkan benda sesuai gambar, bentu dan warnanya. Sehingga kedepannya deteksi dini tumbuh kembang pada anak-anak sangat diperlukan dan dilakukan secara berkelanjutan di tingkat sekolah.

References

Lanza, R Janet., & Lynn, K Flahive. (2009). Communication Milestones. USA: LingiuSystems

Merita. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) Vol 1,No.2

Mulqiah, Zuraida dkk. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan. Volume 5, Nomor 1

Nurmalitasari F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Bul Psikol UGM. 23(2):103–11.

Papalia, DE dkk. (2013). Development Perkembangan Manusia. Buku Satu Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Humanika

Potter, Perry. (2010). Fundamental Of Nursing: Concep, Proses and Practice. Vol.3. Jakarta: EGC

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-11

Versions

How to Cite

Mitayani, M., Primasari, E. P. ., Ropita Sari, Y. A. ., & Febriyanti, F. (2022). DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK KASANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1069–1074. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5334 (Original work published June 30, 2022)