SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN UMKM DENGAN PERILAKU INOVATIF DAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5333Keywords:
Strategi Pemasaran, Inovatif, TeknologiAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini diusulkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi di salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. Kegiatan ini diusulkan untuk mensosialisasikan pentingnya sebuah strategi pemasaran yang berperilaku inovatif dan memanfaatkan teknologi sebagai salah satu bentuk usaha bagi para pelaku usaha UMKM dalam mempertahankan diri untuk bisa terus tumbuh dan berkembang dalam menjalankan usahanya. Terutama pada masa pandemi ini, dimana para pelaku usaha memerlukan strategi yang berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang dapat memperbaharui usaha mereka ke arah yang lebih baik dalam memasarkan produknya. Inovasi dan teknologi adalah alat spesifik pengusaha dan wiraswastawan untuk memanfaatkan perubahan sebagai peluang bisnis produk atau jasa yang berbeda dan berteknologi. Oleh karena itu pengusaha dan wiraswastawan perlu secara sengaja mencari sumber inovasi, perubahan dan gejala yang menunjukkan adanya peluang untuk inovasi yang berhasil dalam menjalankan pemasarannya. PKM ini dilakukan di usaha kecil menengah usaha Ve Bordir dan Sulaman di Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Hasil sosialisasi ini UMKM Ve Bordir dan Sulaman dapat bersaing di masa pandemic dengan memamfaatkan tekhnologi fitur marketplace.References
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.35905/Balanca.V2i1.1342
Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4). Https://Doi.Org/10.24198/Dharmakarya.V9i4.30941
Hardilawati, W. L. (2020). Stategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Akuntansi & Ekonomi, 10(1).
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1). Https://Doi.Org/10.47233/Jiteksis.V3i1.212
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-11 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nike Apriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.