KEBIASAAN BERNEGOSIASI, SALING PERCAYA DAN SALING MEMOTIVASI UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA AMAN DAN DAMAI ANTAR SANTRI DI RAHMATAN LIL’ALAMIN INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Authors

  • Sitti Rizki Mulyani Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Selvi Yona Sari Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Nia Nadilla Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5318

Keywords:

Negosiasi, Saling Percaya, Motivasi dan Santri RLA

Abstract

Banyaknya jumlah Santri yang dimiliki oleh Pondok Pesantren menyebabkan adanya keragaman budaya yang dimiliki Santri tersebut. Hal ini dikarenakan Santri yang ada di Pesantren tersebut tidak hanya berasal dari wilayah Sumatera Barat saja dengan latar belakang kebudayaan, melainkan banyak juga yang berasal dari wilayah luar Sumatera Barat bahkan hingga luar Sumatra yang tentunya memiliki kebudayaan sesuai dengan daerah asal masing-masing santri. Dengan keberagaman tersebut santri akan sering menemui beberapa hal permasalahan antar sesame, oleh sebab itu santri harus dibekali dengan ilmu negosiasi , saling percaya dan saling memotivasi.

References

A. Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Jackman. A. 2005. How To Negotiate?: Teknik Sukses Bernegosiasi. Jakarta: Erlangga.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition. 15th ed. New Jersey: Pearson Education.

Ulinuha, Zulfa. 2013. Strategi Negosiasi Bisnis Jack Advertising Dengan Klien (Studi Pada Klien Jack Advertising: Sampoerna, LG, Dan Primarasa Food). Universitas Brawijaya.

Zamakhsyari Dhofier. 2011. Tradisi Pesantren, Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-09

Versions

How to Cite

Mulyani , S. R. ., Sari, S. Y., & Nadilla , N. . (2022). KEBIASAAN BERNEGOSIASI, SALING PERCAYA DAN SALING MEMOTIVASI UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA AMAN DAN DAMAI ANTAR SANTRI DI RAHMATAN LIL’ALAMIN INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1042–1046. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5318 (Original work published June 30, 2022)