PENGOLAHAN UBI UNGU DI DESA PULAU BANGKINANG SEBERANG

Authors

  • Apriza Apriza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Erlinawati Erlinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.518

Keywords:

Pengolahan Ubi Ungu, Kelompok Mitra Desa Pulau Bangkinang Seberang

Abstract

Desa Pulau merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Permasalahan yang ditemukan di Desa tersebut adalah; penghasilan kelompok wirid RT02 RW 04 masih rendah, pengetahuan anggota Wirid RT02 RW 04 tentang pengolahan ubi ungu menjadi produk makanan yang bergizi masih rendah atau belum ada, diversifikasi dan pemasaran produk makanan belum ada, P IRT belum ada. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan olahan ubi ungu menjadi produk olahan makanan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat RT02 RW 04 Desa Pulau Bangkinang Seberang. Metode pengabdian yaitu model Community development, model Participatory Rural Appraisal (PRA), sosialisasi, dan metode pendampingan. Pengabdian pengolahan ubi ungu menjadi produk makanan keripik, donat dan bolu dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019 s.d 30 Oktober 2019 di desa Pulau Bangkinang Seberang, diikuti oleh 6 orang yang tergabung kedalam kelompok wirid RT 02 dengan hasil ; 1) Antusias mitra terhadap sosialisasi serta pelatihan yang telah dilakukan dalam peningkatan produksi pengolahan ubi ungu berupa variasi produk baru hasil olahan ubi ungu yaitu; keripik ubi ungu, donat dan bolu sebesar 100 %, 2) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pengolahan ubi ungu menjadi varian produk lain sebesar 90 %, 3) Mitra mampu membuat produk keripik ubi ungu, donat ubi ungu dan bolu ubi ungu sebesar 100%, 4) Meningkatnya pengetahuan cara packing dari produk dan cara untuk menjual ke masyarakat dengan menggunakan gadget sebesar 90 %. Kesimpulan pengabdian meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pengolahan ubi ungu menjadi varian produk lain.

Author Biographies

Apriza Apriza, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Profesi Ners

Erlinawati Erlinawati, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi D III Kebidanan

References

Andarwulan N, Kusnandar F, dan Herawati D. (2011). Analisis Pangan. Dian Ilmu. Jakarta

Koswara, S. (2013). Teknologi Pengolahan Umbi-umbian (Bag. 5 Pengolahan Ubi Jalar). Southeast Asian Food And Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center, Bogor.

Notoatmodjo, S. (2000). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sitoayu, L. (2018). Pemanfaatan Bahan Makanan Sederhana menjadi Gizi Seimbang. Jurnal Abdimas (4)2: 230-234.

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Apriza, A., & Erlinawati, E. (2020). PENGOLAHAN UBI UNGU DI DESA PULAU BANGKINANG SEBERANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.518