PENYULUHAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS DI POSYANDU LANSIA STIKES MITRA ADIGUNA PALEMBANG

Authors

  • Diana H. Soebyakto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang
  • Italia Italia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5132

Keywords:

Lansia, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Abstract

Lansia (lanjut usia) adalah seseorang yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupan. Kelompok yang dikategorikan lansia ini akan mengalami suatu proses yang disebut Aging Process atau proses penuaaan. Kesehatan para lansia yang mulai belakangan ini telah ditingkatkan oleh pemerintah melalui program-program dari Puskesmas seperti posyandu lansia, namun hal ini masih kurang luas menjamah para lansia, karena dengan intensitas kegiatan posyandu yang hanya dilakukan sekali dalam beberapa minggu dikarenakan banyaknya lingkungan dalam cakupan wilayah kerja puskesmas. Sehingga para lansia yang mengalami keluhan kembali akan sulit memeriksakan diri kepuskesmas karena masalah kemampuan fisik dan transportasi. Dari data yang kami dapatkan dari Posyandu Lansia Bina Sejahtera Kelurahan RW 05 Kelurahan Bukit sangkal jumlah lansia yang mengeluh tentang kesehatannya dan yang sering hadir pada saat kegiatan posyandu bejumlah 46 (61,3%) dari 60 lansia yang ada . Ini menunjukan bahwa kebutuhan para lansia dalam peningkatan kesehatan diri mereka sangatlah penting. Maka dari itu kami mencoba membantu dan bekerjasama dengan Posyandu lansia Bina Sejahtera RW 05 Kelurahan bukit Sangkal untuk mendapatkan data lansia dan mengundang para lansia hadir di Posyandu Lansia Stikes Mitra Adiguna dalam rangka Bakti Sosial yaitu penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya para lansia dan informasi tentang pentingnya pemeliharaan kesehatan diri. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara pendekatan, ceramah. Luaran akhir kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan klien tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya lansia.

References

Departemen Kesehatan RI. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi kesehatan dalam Pencapaian Perilaku hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta : Pusat Promosi Kesehatan.

Falen dan Dwi, Budi. 2010. Catatan Kuliah Keperawatan Komunitas. Yogyakarta : Nuha Medika.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Peta Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Jakarta: Kemenkes RI.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta.

Padila. 2013. Keperawatan Gerontik. Yogyakarta : Nuha Medika.

Downloads

Published

2022-06-05 — Updated on 2022-06-30

Versions

How to Cite

Soebyakto, D. H. ., & Italia, I. (2022). PENYULUHAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS DI POSYANDU LANSIA STIKES MITRA ADIGUNA PALEMBANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 952–956. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5132 (Original work published June 5, 2022)