PELATIHAN PENINGKATAN KOSA KATA MATHEMATIC MELALUI PERMAINAN DHAKO BAGI SISWA KELAS 5 SDN DARAMISTA I
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5107Keywords:
Permainan Dhako, Kosa Kata Bahasa Inggris Mathematic, Siswa SDN Daramista IAbstract
Sebagai sebuah instansi pendidikan dasar, SDN Daramista I secara aktif melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang diatur dalam kurikulum. Berbicara mata pelajaran bahasa Inggris, pada level sekolah dasar mata pelajaran tersebut hanya diposisikan sebagai mata pelajaran mulok. Sebagian besar siswa di SDN Daramista I masih terkendala penguasaan kosa kata untuk dapat memahami materi-materi yang diberikan. Kosa kata sebagai element dasar dalam sebuah bahasa menjadi sangat penting untuk dikuasai. Seperti diketahui bahwa kosa kata bahasa Indonesia sangat berbeda dengan bahasa Inggris, sehingga untuk menguasai kosa kata ini siswa perlu diajarkan menggunakan sebuah metode yang menyenangkan, yaitu permainan tradisional dhako.Tujuan kegiatan PkM ini adalah memudahkan siswa untuk mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris spesifik dalam belajar berhitung. Sedangkan manfaat PkM ini adalah menigkatnya penguasaan kosa kata bahasa Inggris spesifik dalam belajar berhitung siswa SDN Daramista I kelas V agar dapat lebih mudah memahami materi-materi bahasa Inggris yang disampaikan oleh guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan pemberian materi dengan pendekatan permainan tradisional dhako yang dikemas dalam lima kali tatap muka. Pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui perkembangan pengetahuan mitra.Melalui kegiatan PkM ini, diketahui bahwa pada akhir kegiatan siswa mengalami peningkatan dalam menghafal kosa kata dibandingkan dengan sebelum kegiatan dilakukan. Pada akhir kegiatan terdapat tiga siswa yang masih memiliki kendala dalam menghafal kosa kata berhitung berbahasa Inggris.References
Fatoni,Akhmad Feri. 2019. Role Play As A Solution For Wiraraja Nurse’s Speaking Ability: Action Of Real Live In Nursing Activities. Jurnal Kesehatan MEDIKA. Vol 9, No 1
Harimurti, Kridalaksana (2008). Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia
Hiebert and Kamil. 2005. Teaching and Learning Vocabulary. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Neuman, S. B., & Dwyer, J. 2009. Missing in Action: Vocabulary Instruction in Pre- K.The Reading Teacher. 62(5), 384-392.
Peta Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar dan Kurikulum Muatan Lokal Tahun 2004 Sekolah Dasar Kelas 1 s.d. 6. (2004). Bandung: Dinas Pendidikan Propinsi Jabar
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS RI. 2003.
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-30 (2)
- 2022-06-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Akhmad Feri Fatoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.