PELATIHAN PEMBUATAN DAFTAR PUSTAKA PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA MENGGUNAKAN MS. WORD DAN MENDELEY

Authors

  • Kukuh Arisetywan Universitas Negeri Surabaya
  • Lustina Fajar Prastiwi Universitas Negeri Malang
  • Ernestina Lika Universitas Timor
  • Emilia Khristina Kiha Universitas Timor
  • Bernadus Ghawa Rado Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4917

Keywords:

Mahasiswa Universitas Timor, Aplikasi mendeley, Pelatihan

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa Universitas Timor, Tim dosen mengadakan Kegiatan Pengabdian dengan mengadakan pelatihan penggunaan salah satu aplikasi untuk pencarian referensi dan penulisan daftar pustaka yaitu menggunakan Ms. Word dan aplikasi Mendeley. Tujuan di adakan pelatihan Penggunaan Ms. Word dan Aplikasi mendeley ini bagi mahasiswa Universitas Timor adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengaplikasikan mendeley dalam menulis karya ilmiah khususnya mencari referensi dan membuat daftar pustaka. Permasalaahan yang dihadapai mahasiswa Universitas Timor yaitu kurangnya pemahaman dan penegtahuan pengoperasian terkait aplikasi mendeley dan mahasiswa tidak memiliki laptop. Pelatihan yng diadakan dikampus Universitas Timor dengan jumlah peserta 130 orang. Metode yang digunakan yaitu ceramah, dan praktek langsung pengoperasian aplikasi Mendeley menggunakan zoom. Hasil dari kegiatan PKM yaitu mahasiswa mengikuti kegiatan dengan antusias hingga akhir kegiatan dan mahasiswa mampu mengoperasikan aplikasi mendeley dalam tulisan karya ilmiah di akhir studi. Kegiatan dilaksanakan dengan mentaati protokol kesehatan. Diharapkan kegiatan pelatihan ini dilakukan secara berkesinambungan ke seluruh mahasiswa Universitas Timor

References

Erwin,Kartinawati. Pelatihan Mendeley Sebagai Alat Bantu Sitasi dan Daftar Pustaka bagi Mhasiswa. Jurnal Pengbdian teknologi Tepat Guna. Vol.2, 1 Maret 2021.

Kadek Budi sandika, I Nyoman saputra Wahyu Wijaya, I Putu Partama. Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Dan Mendeley untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis Bagi Guru di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Jurnal Ilmiah Populer, Maret 2021.

Fani Juliyanto Perdana. Pelatihan Membuat daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Dekstop Bagi Mahsiswa Dalam Persiapan Penyususnan Tugas akhir. Volume 2,No.1, 2020.

Dr. Syaikhul Falah, SE., M. S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. Pengabdian Pada Masyarakat, 2(November), 1–5.

Setiawan, D., Hamzah, H., & Arlenny, A. (2019). Pelatihan Ms.Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik Unilak. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 172–179. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2215

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319

Downloads

Published

2022-06-23 — Updated on 2022-06-24

Versions

How to Cite

Arisetywan, K. ., Prastiwi, L. F. ., Lika, E. ., Kiha, E. K. ., & Rado, B. G. . (2022). PELATIHAN PEMBUATAN DAFTAR PUSTAKA PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA MENGGUNAKAN MS. WORD DAN MENDELEY . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 849–855. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4917 (Original work published June 23, 2022)