PENERAPAN GAME EDUKASI SUMBER ENERGI KELAS 4 TEMA 2 DI SDN 019 DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4868Abstract
Salah satu mata pelajaran anak kelas 4 sekolah dasar pada tema 2 yaitu mengenai energi dan perubahannya. Sumber energi yang dapat ditemui sehari-hari yaitu sumber energi matahari, air, angin dan sampah organik. Beberapa sumber energi yang dapat dijadikan sebagi bahan bakar menggantikan sumber energi yang telah ada, salah satu diantaranya adalah energi matahari yang bisa disimpan menggunakan solar cell dan digunakan sebagai sumber energi listrik dan sudah banyak ditemui dijalan sebagai lampu penerangan. Dalam mempelajari ilmu mengenai sumber energi yang bisa digunakan sebagai bahan energi alternatif menggantikan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dan menghemat energi listrik. Agar penyampaian matapelajaran lebih menghibur untuk anak-anak, maka penulis mengadakan sosialisasi mengenai game edukasi hemat energi untuk kelas 4 dengan tema 2. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan di SDN 019 pangkalan sesai bagi guru dan anak-anak dilakukan selama satu hari pada satu kelas. Dari hasil pengabdian yang dilakukan bagi guru SDN 019 mampu memberikan perubahan dalam memberikan materi pelajaran mengenai sumber energi dan anak-anak juga menyukai pembelajaran yang dilakukan sambil bermain. Sebelum penulis melakukan demonstrasi mengenai game edukasi sumber energi, anak-anak hanya melihat dari gambar yang ada dibuku namun setelah diberikan demonstrasi game edukasi sumber energi anak-anak lebih memahami perubahan yang terjadi pada sumber energi yang adaReferences
Batuwael, E., Lumenta, A. S. ., & Tulenan, V. (2016). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 7(1). Https://Doi.Org/10.35793/Jti.7.1.2016.10771
Dahroni, A. E. P. M. F. P. (2019). Perancangan Multimedia Interaktif Untuk Rumah Tangga. Jurnal Kilat, 8(1), 1–8.
Devi, E., Sari, T., Haryanto, H., Setyanto, D. W., Desain, J., Visual, K., Komputer, F. I., & Nuswantoro, U. D. (2015). Perancangan Game Gematrik Sebagai Cara Penggunaan Energi Listrik Di Kota Semarang. 1.
Pudjanarsa, Astu, Fl. Sigit Suyantoro, D. N. (2013). Energi.Pdf (3rd Ed.). Andi.
Pujastuti, E., & Rahmi, A. N. (2017). Perancangan Game Android “ My Lamps ” Untuk Kampanye Hemat Energi Listrik. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 5(1), 4–4.
Purniasih, N. K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Agustini, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Sumber Energi Berorientasi Gamifikasi Untuk Siswa Kelas 4 North Bali Bilingual School. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 1–10.
Ridoi, M. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Construct 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Yuliati, Tri Handayani, Ari Sellyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.