PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU FISIKA SMA DI LINGKUNGAN KABUPATEN BIREUEN DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA

Authors

  • Nanda Safarati Universitas Almuslim
  • Fatma Zuhra Universitas Almuslim
  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4756

Keywords:

Pelatihan dan Pendampingan, Guru, Praktikum Fisika

Abstract

Mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disenangi oleh siswa, dengan alasan fisika itu susah, sulit dimengerti, membosankan dan berbagai macam asumsi yang muncul tentang mata pelajaran fisika. Untuk dapat mengatasi hal ini, maka seorang guru harus bisa menggunakan model maupun metode pembelajaran yang dapat menarik minat para siswa untuk belajar Fisika. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melaksanakan praktikum untuk materi-materi yang mengharuskan praktikum. Namun, dalam melakukan praktikum, masih banyak guru yang kurang berpengalaman. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika mencoba melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan praktikum bagi guru fisika SMA di Kabupaten Bireuen dalam melakukan praktikum terkait materi fisika. Kegiatan ini dilakukan agar guru fisika lebih kreatif dalam menjelaskan materi fisika melalui praktikum. Dalam kegiatan ini, tim juga menjelaskan banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan praktikum. Seperti menentukan tujuan praktikum, mempersiapkan alat yang akan digunakan menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam praktikum, menyediakan LKPD, membimbing siswa bagaimana melakukan praktikum yang baik, menyajikan data dan membuat kesimpulan hasil praktikum. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini menggunakan guru SMA di lingkungan Kabupaten Bireuen sebagai subjek pengabdian. Dalam mengikuti kegiatan ini, guru terlihat antusias dan bersemangat dalam melakukan kegiatan praktikum. Selain itu, guru sudah lebih terampil dalam menyusun dan mengembangkan LKPD yang nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran fisika

References

Budiman, A., Inggriani, A. S., Prasetyo, Y. A., Fauziah, N., & Septiana, N. (2016). Model Pembelajaran Ipa Dengan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kreativitas Siswa Di Mts Ma’arif Cikeruh, Jatinangor. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 56–60.

Noor;, Y. A., Putra;, N. M. D., Nugroho;, S. E., Marwoto;, P., Mindyarto;, B. N., Linuwih;, S., Sugiyanto;, S., Adhi;, M. A., Muttaqin;, R., Prayitno;, W. S. W., Suyanto;, & Minhat; (2020). Praksis Praktikum Fisika Mode Daring: Studi Kasus Pembelajaran di SMA/MA Jawa Tengah dan Jawa Timur Semasa Pandemi Covid-19. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276–289.

Pengabdian, J., Mu, U., Ginting, D., Retnawaty, S. F., Febriani, N., Fitri, Y., Wirman, S. P., Fitrya, N., Fisika, P. S., & Riau, U. M. (2018). Pelatihan Eksperimen Fisika Sederhana Untuk Guru Pekanbaru. 2(1), 21–24.

Rahayuningsih;, Suesthi Rijanto, A., & Suwandana, E. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Software Cabri 3d Guru Sma Al Furqon Driyorejo Di Kabupaten Gresik. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(1), 25–30.

Setyaningrum, R. (2013). Efektifitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo, 3(1).

Siregar, N., Irfandi;, Tanjung;, Y. I., & Mihardi, S. (2020). Dampak Pelatihan Media Praktikum Fisika Pada Kelompok Guru Sma Dalam Program Sekolah Binaan. EVirtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED “Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi,” 104–107.

Sudarmadi. (2012). Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Fisika SMA/SMK Binaan dalam Membuat Alat Praktikum Fisika Sederhana Melalui Pendampingan di Kabupaten Kulonprogo. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY.

Suwasono, P., Fawaiz, S., H, S. K., Sulur, S., & P, N. A. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pembelajaran Daring Berbasis Moodle Untuk Guru Fisika Sma Di Kabupaten Malang Selama Masa Pandemi Covid-19. Selaparang. Jurnal Pengandian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 703–711.

Syahidi, K., Novianti, B. A., & Juandi, T. (2022). Pelatihan Penggunaan Kit Fisika Bagi Guru Fisika Sma / Ma Di Lombok Tengah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 780–786.

Usmeldi;, & Amini;, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010

Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Safarati, N. ., Zuhra, F. ., & Fatimah, F. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU FISIKA SMA DI LINGKUNGAN KABUPATEN BIREUEN DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 819–825. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4756