OPTIMALISASI CREATIVEPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4673Keywords:
Creativepreneurship, Motivasi, WirausahaAbstract
Creativepreneurship menjadi peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi berwirausahanya. Kewirausahaan kreatif merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan bersamaan pada masa perkuliahan. Namun keluhan atas tak tersedianya waktu belajar berwirausaha karena banyaknya aktivitas menyebabkan hilangnya motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Metode pengabdian ini berbasis tindakan, melalui pelatihan, pembinaan, dan diseminasi. Hasil dari pengabdian ini mahasiswa dapat mengoptimalkan diri untuk mengikuti pelatihan creativepreneurship berbasis project. Mahasiswa dapat meningkatkan motivasi berwirausaha dengan mengikuti pelbagai banyak kegiatan kewirausahaan dan aktif berwirausaha di marketplace dengan kreatif.References
Aradea, R. (2018). Analisis Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Neraca, 2(2), 81–96.
Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 1–3. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.545
Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. In Berita Resmi Statistik (Issue 40).
Dewanti, P., & Permana, P. A. G. (2018). Initial Creativepreneur Through Creativity Based Community Services. Ikra-Ith Abdimas, 1(2), 39–43.
Fahlia, & Mulyani, E. (2018). Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 204–211.
Hastuti, I., & Utami, I. W. (2020). Model Pengembangan Pelatihan Kewirausahaan Berbasiskan Karakteristik Mahasiswa Melalui Project Based Learning Pada Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta. IENACO, 231–235.
Kartika, I., Molasy, H. D., & Magfiroh, I. S. (2019). Penerapan Entrepreneural Marketing Pada Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif (Creativepreneur) di Desa Pakis Dalam Upaya Penguatan Desa Pakis Sebagai Desa Sejahtera Mandiri (DSM). Warta Pengabdian, 13(3), 49. https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.9808
Putri, O. D. (2017). Rendahnya Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Https://Www.Ganto.Co/. https://www.ganto.co/berita/2645/rendahnya-minat-mahasiswa-dalam-berwirausaha.html
Sukardi, S. (2017). Factors Which Determine Students’ Entrepreneurship Intentions. Proceedings of the 2nd International COnference on Economic Education and Entrepreneurship, 697–701. https://doi.org/10.5220/0006891806970701
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tuti Istianti, Muh. Husen Arifin, Tin Rustini, Yona Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.