OPTIMALISASI CREATIVEPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA

Authors

  • Tuti Istianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh. Husen Arifin Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0581-6135
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4673

Keywords:

Creativepreneurship, Motivasi, Wirausaha

Abstract

Creativepreneurship menjadi peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi berwirausahanya. Kewirausahaan kreatif merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan bersamaan pada masa perkuliahan. Namun keluhan atas tak tersedianya waktu belajar berwirausaha karena banyaknya aktivitas menyebabkan hilangnya motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Metode pengabdian ini berbasis tindakan, melalui pelatihan, pembinaan, dan diseminasi. Hasil dari pengabdian ini mahasiswa dapat mengoptimalkan diri untuk mengikuti pelatihan creativepreneurship berbasis project. Mahasiswa dapat meningkatkan motivasi berwirausaha dengan mengikuti pelbagai banyak kegiatan kewirausahaan dan aktif berwirausaha di marketplace dengan kreatif.

Author Biography

Muh. Husen Arifin, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Aradea, R. (2018). Analisis Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Neraca, 2(2), 81–96.

Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 1–3. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.545

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. In Berita Resmi Statistik (Issue 40).

Dewanti, P., & Permana, P. A. G. (2018). Initial Creativepreneur Through Creativity Based Community Services. Ikra-Ith Abdimas, 1(2), 39–43.

Fahlia, & Mulyani, E. (2018). Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 204–211.

Hastuti, I., & Utami, I. W. (2020). Model Pengembangan Pelatihan Kewirausahaan Berbasiskan Karakteristik Mahasiswa Melalui Project Based Learning Pada Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta. IENACO, 231–235.

Kartika, I., Molasy, H. D., & Magfiroh, I. S. (2019). Penerapan Entrepreneural Marketing Pada Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif (Creativepreneur) di Desa Pakis Dalam Upaya Penguatan Desa Pakis Sebagai Desa Sejahtera Mandiri (DSM). Warta Pengabdian, 13(3), 49. https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.9808

Putri, O. D. (2017). Rendahnya Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Https://Www.Ganto.Co/. https://www.ganto.co/berita/2645/rendahnya-minat-mahasiswa-dalam-berwirausaha.html

Sukardi, S. (2017). Factors Which Determine Students’ Entrepreneurship Intentions. Proceedings of the 2nd International COnference on Economic Education and Entrepreneurship, 697–701. https://doi.org/10.5220/0006891806970701

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Istianti, T., Arifin, M. H., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). OPTIMALISASI CREATIVEPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 982–986. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4673