SOSIALISASI PENGENALAN EMOSI MELALUI CERITA PENDEK (CERPEN) DI TK KHANSA KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Sari Wardani Simarmata STKIP BUDIDAYA
  • Azizah Batubara STKIP Budidaya
  • Sri Kurnia Hastuti Sebayang STKIP Budidaya
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4666

Keywords:

Sosialisasi, Cerpen, Pengenalan, Emosi

Abstract

Pada dasarnya anak masih labil dalam menggunakan emosi, maka melalui Cerita pendek (Cerpen) diperkenalkanlah klasifikasi emosi, supaya anak mampu menempatkan atau menggunkan emosi sesuai dengan batasan usianya. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di TK Khansa ini bertujuan untuk mengenalkan macam – macam emosi pada anak serta membantu mereka untuk dapat mengelola dan menyalurkan emosinya secara tepat. Metode pelaksanaan pada pengabdian masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi pengenalan emosi untuk anak-anak TK Khansa dengan metode cerita pendek (Cerpen). Membacakan cerpen dengan menggunakan buku bergambar merupakan media yang dipilih dalam pengabdian masyarakat ini, karena media diharapkan dapat memunculkan ketertarikan pada anak usia TK untuk mendengarkan dan memahaminya. Secara keseluruhan, terdapat beberapa poin penting dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu respon positif dari anak-anak TK Khansa, anak-anak TK Khansa dapat mengenal emosi positif dan negatif, dan anak dapat memberikan contoh reaksi mengendalikan emosi sesuai dengan situasi yang dialami.  

References

Goleman, D. 1999. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. 2006. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional): Mengapa IE Lebih Penting dari pada IQ. Jakarta: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.

Maulinda, Resti, Heri Yusuf Muslihin, and Sumardi. 2020. “Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview).” Jurnal PAUD Agapedia 4(2):300–313.

Santrock, J, W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Erlangga.

Simarmata, Sari Wardani, and Azizah Batubara. 2019. “Pengembangan Modul Bk Bidang Pribadi Sosial.” (2):16–22.

Stewart, A. C. at al. 1985. Child Development A Topical Approach. New York: John Wiley & Sons.

Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Simarmata, S. W. ., Batubara, A. ., Sebayang, S. K. H. ., & Lubis, F. W. . (2022). SOSIALISASI PENGENALAN EMOSI MELALUI CERITA PENDEK (CERPEN) DI TK KHANSA KABUPATEN DELI SERDANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 774–780. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4666