PENGUATAN LITERASI KEUANGAN DAN PELATIHAN WIRAUSAHA UNTUK PENGURUS KARANG TARUNA

Authors

  • Hanggono Arie Prabowo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Husain Nurisman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta
  • Nur Rizkiyah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sigit Widiyarto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4660

Keywords:

Literasi , keuangan, Karang Taruna

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pengurus karang taruna kelurahan Jakasetia kota Bekasi. Literasi keuangan sangat penting pada era digital untuk menghindari penipuan investasi yang marak belakangan ini. Para pengurus diberikan bekal bagaimana mengatur keuangan dan mengembangkan dana yang tersedia agar dapat bertambah serta dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu kegiatan membuka bengkel motor dilakukan agar dapat mewujudkan kemandirian pada para pemuda. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pengurus karang taruna Setu Bekasi. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode praktek dan pendampingan. Kegiatan dilakukan dengan bantuan para pengurus kelurahan dan beberapa wirausahawan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para pengurus kelurahan sudah dapat mengembangkan suatu usaha mikro dan sudah memahami literasi keuangan. Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak. Mulai dari wirusahawan, pemerintah, masyarakat dan pengurus karang taruna. Kegiatan warung bengkel motor memberikan dampak positif bagi kegiatan karang tararuna setempat .Nilai pengetahuan literasi keuangan sebesar 75 dan nilai praktek sebesar 70. .

References

Fatmawati, F., Hasiah, H., Irmawati, I., & Hasan, D. (2020, November). Ibm Peningkatan

Kapasitas Karang Taruna Desa Nisombalia Melalui Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (Snp2m) (Pp. 511-513).

Indah, M. (2022). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus pada

Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Hidayatussani, N., Fitriana, S., & Maulia, D. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua

terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 107-111.

Jannah, M., Herjanaka, R. N. H. N., Yana, T. R., & Amelia, W. P. (2022). Sosialisasi Pentingnya

Literasi Keuangan Dalam Financial Seseorang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 2(1), 48-51.

Maftuchach, V., Rahman, A., Darwis, H., & Febrina, I. (2021). Sosialisasi Membangun Kesadaran

Literasi Keuangan Pada Pemuda Karang Taruna RW 07 Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur. Journal of Community Service and Engagement, 1(03), 21-25.

Yughi, S. A., Awaludin, T., Lestari, A. W., Savitri, E., & Cahyadi, E. (2020). LITERASI

KEUANGAN SERTA PENGGUNAAN PRODUK DAN JASA LEMBAGA KEUANGAN DI KALANGAN PELJAR. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Prabowo, H. A. ., Nurisman, H. ., Rizkiyah , N. ., Suyana, N. ., & Widiyarto, S. (2022). PENGUATAN LITERASI KEUANGAN DAN PELATIHAN WIRAUSAHA UNTUK PENGURUS KARANG TARUNA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 802–806. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4660