This is an outdated version published on 2022-05-10. Read the most recent version.

PENYULUHAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SD YAYASAN PERGURUAN TUNAS HARAPAN MEDAN

Authors

  • Witya Shalini STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Ronnie Togar Mulia Sirait Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Galeh Sari STIE Professional Manajemen College Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4619

Keywords:

Zoom, WIFI, Host, Participant

Abstract

Khalayak sasaran strategis yang di pilih dalam pengabdian adalah para guru Perguruan SD Tunas Harapan Medan yang memiliki pemahaman pengoperasian Zoom yang terbatas. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk (1) Membantu para guru dengan memberikan pemahaman dan pengoperasian mengenai Zoom supaya lebih memilih proses belajar mengajar dengan aplikasi Zoom. (2) Memberikan saran kepada sekolah untuk melengkapi saran pendukung yaitu Wifi yang terkoneksi ke seluruh ruangan kelas atau beberapa kelas. (3) Memberikan saran kepada sekolah untuk menginformasikan kepada para orang tua murid agar dapat menggunakan paket-paket internet yang disediakan pemerintah. Jumlah guru Perguruan SD Tunas Harapan Medan sebanyak 25 orang. Guru-guru yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 16 orang. Materi yang diberikan kepada para guru Perguruan SD Tunas Harapan Medan yaitu meliputi cara mengoperasikan Zoom sebagai Host dan Participant. Dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan ini, tim pengabdi membagi kegiatan ini menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama yaitu pemberian pengarahan Zoom dan sesi kedua yaitu tanya jawab serta praktek langsung. Selama kegiatan penyuluhan yang diadakan di Perguruan SD Tunas Harapan Medan berjalan lancar sesuai harapan tim pengabdi. Semua guru yang menjadi khalayak sasaran PKM ini, sangat antusias dan bersemangat. Setelah kegiatan penyuluhan ini selesai, tim pengabdi mengharapkan para guru dapat mengoperasikan Zoom serta menerapkannya dalam proses belajar mengajar.

References

Falahi,Adrial & Hutasuhut,Julianto. 2020. Pelatihan Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Layanan Konferensi Dalam Media Pembelajaran Jarak Jauh Di SD Negeri Ajibaho. Jurnal Pengabdian Masyarakat MAJU UDA Universitas Darma Agung Medan.

Fitrisia,Yuli; Wardhani,Kartina Diah Kusuma;. Fadhli,Mardiah; Novayani,Wenda; Nurmalasari,Dini; ESGS,Sugeng Purwantoro; Akbar,Memen.2021. Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Untuk Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru.. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 5 (1).

Kurniawan,Syafri.(2020).Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2022-05-10

Versions

How to Cite

Shalini, W. ., Mulia Sirait, R. T. ., & Sari, G. . (2022). PENYULUHAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SD YAYASAN PERGURUAN TUNAS HARAPAN MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 718–722. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4619