This is an outdated version published on 2022-06-06. Read the most recent version.

PENYULUHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SD YAYASAN PERGURUAN TUNAS HARAPAN

Authors

  • A. Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas
  • Tohap Parulian Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4554

Keywords:

Google Classroom, e-learning, optimal

Abstract

Program penyuluhan penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran online bagi Guru SD Yayasan Perguruan Tunas dilaksanakan sebagai bentuk wujud tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian dilaksanakan Di SD Tunas Harapan Tanjung Anom Kabupaten Deli Serdang dari tanggal 25 Mei 2022. Google Classroom merupakan salah satu bentuk pembelajaran e-learning dan diharapkan mampu memberi kemudahan pada dunia pendidikan karena dapat diakses kapan saja, dimana saja dan dapat menghubungan dosen dan mahasiswa pada saat kapanpun. Tujuan kegiatan penyuluhan dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilaksanakan secara optimal sehingga akan meningkatkan kualitas pembelajaran dari sekolah dan membuat tujuan utama dari pendidikan tersebut dapat tercapai tanpa adanya hambatan.  Pelatihan ini menggunakan metode workshop Metode workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang dimulai dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi Google Classroom, fitur-fitur yang ada pada aplikasi Google Classroom sehingga peserta dapat memahami mengenai penggunaan aplikasi Google Classroom. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta antusias dan sangat proaktif dalam proses peningkatan pembelajaran e-learning di SD Tunas Harapan.

References

Fitra, Awaludin; Sitorus,Martua; Sinaga,Dedi Candro Parulian, Marpaung, Endra A.P. 2020. Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi Vol 3 No.2.

Hakim, Abdul Bahrir.2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement Vol 2 (1).

Iksan,Muhamad.(2018).Pelatihan Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri Vol 2 No 2.

Marcus, P (2002). E-Learning : Is It Really The Best Thing Since Sliced Bread ? Industrial and Commercial Training Vol 34 No 4 pp 151-155

Novian, Dede Rival. 2019. Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media E-Learning Bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri Vol 3 (2).

Rosali,Ely Satiyasih.2020. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. http;//jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921

Utama,Agus Hadi; Mansur, Hamsi; Rini, Sulistya; Satrio,Adrie. 2021. Pelatihan E-Learning Google Classroom Bagi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kecamatan Banjarmasin Utara. Bubungan Tinggi : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 (4)

Utami,Yulia & Vinsensia,Desi. 2021. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom. Jurnal Tridarma : Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4 No 1.

Warsitas, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik Vol 17 (4)

Wena,Made.(2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-06-06

Versions

How to Cite

Mahendra, A. ., & Parulian, T. . (2022). PENYULUHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SD YAYASAN PERGURUAN TUNAS HARAPAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 672–677. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4554