PENYULUHAN TENTANG KB DI DUSUN I DESA SUDIREJO KECAMATAN NAMORAMBE

Authors

  • Suharni Pintamas Sinaga Program Studi Sarjana Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Elseria Saragih Program Studi Sarjana Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Lydia Br Barus Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Sahat Sinaga Program Studi Radiodiagnostik dan Radioterapi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4552

Keywords:

Penyuluhan, KB, Edukasi

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dan tidak terkendali akan berdampak negatif terhadap aspek kehidupan seperti bidang sosial, ekonomi, maupun politik dan pada akhirnya akan menghambat kegiatan pembangunan nasional. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan kegiatan penyuluhan program KB. Tujuan program KB yaitu meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak melalui pengendalian kelahiran dan pengendalian pertumbuhan penduduk Indonesia serta terciptanya penduduk yang berkualitas, sumber daya manusia yang bermutu dan meningkatknya kesejahteraan keluarga. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang penting pelaksanaan program KB di Dusun I Desa Sudirejo Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Metode kegiatan berupa penyuluhan dengan ceramah interaktif. Hasil kegiatan dihadiri oleh 28 peserta, dimana 50% diantaranya tidak mengikuti program KB. Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan tidak terlaksananya program KB seperti kurangnya pengetahuan orang tua mengenai KB, biaya KB yang relatif mahal, dan adanya efek samping yang ditimbulkan.

References

Audina WS & Aida DA. (2017). Hubungan Promosi Kesehatan Lingkungan dan Peran Bidan terhadap Perilaku Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Artikel Penelitian, 7(4), 199-207.

Bunyamin B. (2014). Isu Gender dalam Program Keluarga Berencana. Jurnal PARALLELA, 1(2), 89-167.

Istiadi A & Weni R. (2012). Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana (Studi Pada Kelompok Sasaran Keluarga dengan Remaja di Dusun Waung Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Jurnal Mahasiswa Unesa, 1(1), 1-8.

Marhaeni AAIN., IK Sudibia., I G W M. Yasa., P.M. Dewi., NN Yuliarmi & SD Rustariyuni. (2016). Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(3), 252-259.

Priyanti S & Agustin DS. (2017). Buku Ajar: Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Surakarta: CV. Kekata Group.

Sinurat L & Mbina P. (2017). Keadaan Gerakan Keluarga Berencana di Desa Parlondu, Pangururan, Kabupaten Samosir. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 5(2), 126-138.

Suparman N., Fadjar TS & Engkus. (2018). Evaluasi Program Keluarga Berencana pada Era Desentralisasi di Kuningan Jawa Barat. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 6(2), 22-131.

Zia HK. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan, Tempat Tinggal dan Informasi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Terhadap Unmet Need KB Pada Wanita Kawin. The Indonesian Journal of Public Health, 14(2), 150-160.

Zuhriyah A., Sofwan I & Bambang BR. (2017). Kampung Keluarga Berencana dalam Peningkatan Efektivitas Program Keluarga Berencana. HIGEIA, 1(4), 1-13.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Sinaga, S. P., Saragih, E., Barus, L. B., & Sinaga, S. (2022). PENYULUHAN TENTANG KB DI DUSUN I DESA SUDIREJO KECAMATAN NAMORAMBE . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 706–709. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4552