PSIKOEDUKASI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK ( STUDI PADA ANAK SPEECH DELAY DI DESA RANTAU NIPIS )
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4484Keywords:
Psikoedukasi, Perkembangan Bahasa Anak, Speed DelayAbstract
Perkembangan bahasa atau komunikasi pada anak merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua maupun lingkungan sekitar. Pemerolehan bahasa oleh anak-anak merupakan prestasi manusia yang paling hebat dan menakjubkan.Keterlambatan dalam berbicara adalah suatu kecenderungan dimana anak sulit dalam mengekspresikan keinginan atau perasaan pada orang lain seperti, tidak mampu dalam berbicara secara jelas, dan kurangnya penguasaan kosa kata yang membuat anak tersebut berbeda dengan anak lain sesusianya. Berdasarkan latar belakang diatas maka perlu dilakukan kegiatan kemanusiaan bersama mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat guna memberikan Psikoedukasi tentang perkembangan anak serta faktor yang menjadi penyebab keterlambatan berbicara kepada Orang Tua terhadap anak Speech Delay.References
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Mainizar.(2013) Peran Orang Tua dalam Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 2-6 Tahun.Jurnal Marwah,94-104. Diakses pada tanggal 15 September 2021
Milani, Rafika. (2011). Pentingnya Deteksi Dini Keterlambatan Bicara pada Bayi dan Anak. Dalam http://rafikamilani.multiply.com/journal/item/7. Diakses pada tanggal 16 September 2021
Santrock, John W.(2007). Perkembangan Anak (Terjemahan). Jakarta Sujanto, Agus. (1988).
Psikologi Perkembangan, Surabaya: Aksara Baru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Itriyah Itriyah, Eva Yulita, Mulia Marita Lasutri Tama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.