PENCEGAHAN PENYAKIT STOKE DAN SENAM STROKE PADA LANSIA DI RT 08 RW 02 KELURAHAN TALANG JAMBE KECAMATAN SUKARAME KOTA PALEMBANG

Authors

  • Leni Wijaya STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4450

Keywords:

Stroke, Senam Stroke

Abstract

Stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak, bukan oleh sebab yang lain. Gangguan fungsi syaraf pada stroke disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik. Gangguan syaraf tersebut menimbulkan gejala antara lain: kelumpuhan wajah atau anggota badan, bicara tidak lancar, bicara tidak jelas (pelo), perubahan kesadaran, gangguan penglihatan, dan lain-lain. Stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung iskemik baik di negara maju maupun berkembang. Stroke dapat mengakibatkan kematian atau kecacatan yang akan menurunkan status kesehatan dan kualitas hidup penderita stroke, di samping itu akan menambah beban biaya kesehatan yang ditanggung keluarga dan negara. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan lansia tentang pencegahan penyakit stroke dan senam stroke di Kelurahan RT 08 RW 02 Talang Jambe Kecamatan Sukarame Palembang. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Luaran akhir kegiatan PkM ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan lansia tentang pencegahan penyakit stroke dan dapat mengimplementasikan senam stroke dirumah sebagai salah satu upaya pencegahannya.

References

Dinas Kesehatan Kota Palembang. (2013). Profil Kesehatan Kota Palembang Tahun 2013. Palembang.

Hanum, P., & Lubis, R. (2017). Hubungan Karakteristik Dan Dukungan Keluarga Lansia Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Support from the Elderly Families, Stroke in the Elderly with Hypertension. Jumantik, 3(1), 72–88.

Harianja, S. H., Nurhayati, & Hamril, D. (2020). Upaya Pencegahan Hiperkolestrolemia Melalui Pemeriksaan Laboratorium Dan Penyuluhan Di Posyandu Lansia Anggrek Kelurahan Talang Jambe Palembang. 3, 331–337.

Kementrian Kesehatan, RI. (2017). Analisis l

Downloads

Published

2022-05-31 — Updated on 2022-05-31

Versions

How to Cite

Wijaya , L. . (2022). PENCEGAHAN PENYAKIT STOKE DAN SENAM STROKE PADA LANSIA DI RT 08 RW 02 KELURAHAN TALANG JAMBE KECAMATAN SUKARAME KOTA PALEMBANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 604–608. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4450