PELATIHAN IBU DALAM PENANGANAN CHOKING PADA ANAK YANG TERSEDAK DI KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Nabilah Siregar Akper Kesdam I Bukit Barisan Pematangsiantar
  • Yohana Adelina Pasaribu Akper Kesdam I Bukit Barisan Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4448

Keywords:

Pelatihan, Choking, Anak

Abstract

Choking (Tersedak) merupakan salah satu kejadian atau situasi gawat darurat yang sering terjadi di masyarakat, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan karakteristik dan perilaku anak yang beragam pada usia tersebut dan perlu dipahami serta dipantau oleh orangtua khususnya ibu. Pengetahuan tentang penanganan tersedak akan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam menangani tersedak dan menghindari ancaman kematian pada anak. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yaitu melalui pelatihan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman berupa pelatihan tentang Penanganan Anak yang Tersedak. Metode kegiatan yang ditempuh meliputi pre test, pelatihan, pemberian leaflet, dan post test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.  Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan sesuai rencana dihadiri 15 ibu yang memiliki anggota keluarga usia balita. Hasil analisa data pengabdian diperoleh peningkatan pengetahuan ibu tentang penanganan anak yang tersedak dari 14 orang (93,2%) dengan pengetahuan kurang dan 1 orang (6,7%) dengan pengetahuan cukup menjadi 15 orang (100%) dengan pengetahuan baik, serta didapatkan bahwa pelatihan berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat tentang penanganan anak yang tersedak. Selanjutnya diperlukan evaluasi yang berkelanjutan tentang penanganan pertama kasus kegawatdaruratan jalan nafas atau lainnya yang dilakukan oleh petugas kesehatan termasuk peran serta Perguruan Tinggi Kesehatan dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat.

References

Ain, H. (2019). Penanganan Sumbatan Benda Asing pada Anak Berbasis Critical Care Caring. Media Sahabat Cendekia.

Ernawati, R., Muflihatin, S. K., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru TK Aba Terhadap Tanggap Bahaya Tersedak. Journal of Community Engangement in Health, 4(1), 188–194. https://doi.org/10.3994/jceh.v4i.143

Hidayat, A. A. (2021). Cara Praktis Uji Statistik dengan SPSS. Health Books Publishing.

Kurniati, A., Riyanto, W., Mulyadi, B., Suharyanto, T., Pemila, U., Simatupang, R. B., & Hertati, E. (2020). Buku Modul Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) Edisi Pertama. Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pengurus Pusat HIPGABI.

Marimin, & Ismail. (2018). Buku Panduan Basic Trauma Cardiac Life Support Plus AED. Akademi Keperawatan Kesam I/Bukit Barisan Medan.

Pendigrot, J. S., Posangi, J., & Masi, G. N. M. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Penanganan Tersedak Terhadap Pengetahuan Ibu Menyusui. Jurnal Keperawatan (JKp), 7(2).

Rillyani, Setiawati, Eliya, R., & Wandini, R. (2019). Penyuluhan Kesehatan Penanganan Resiko Anak Tersedak di Dusun 02 Aryo Jipang Kelurahan Sukajaya Lempasing Lampung Selatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 183–186.

Suartini, E., & Kusniawati. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak dengan Google Form dan Phantom pada Orangtua di TK Taman Sukaria Terhadap Kemampuan Keluarga. Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2).

Downloads

Published

2022-01-31 — Updated on 2022-05-31

Versions

How to Cite

Siregar, N. ., & Pasaribu, Y. A. . (2022). PELATIHAN IBU DALAM PENANGANAN CHOKING PADA ANAK YANG TERSEDAK DI KABUPATEN SIMALUNGUN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 595–599. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4448 (Original work published January 31, 2022)