This is an outdated version published on 2022-05-20. Read the most recent version.

PROSPEK PEMBINAAN PENGEMBANGAN UMKM DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sherly Ferdinandus Universitas Pattimura
  • Ventje J. Kuhuparuw Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4328

Keywords:

Pengembangan UMKM, Covid-19.

Abstract

Mengelaborasi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Eksesnya mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan. Hal inilah yang membuat, pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19.  ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengelaborasi berbagai literatur akan pengembangan UMKM digital. Dengan demikin pengembangan UMKM digital telah menjadi alternatif penyelamatan sekaligus pengembangan kewirausahaan digital pada masa pandemi Covid-19

References

Amelia. M. N., Prasetyo, Y.E, & Maharani, I. (2017. E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk

UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding

SNAFIT, 11-16

Bakhri,S., & Futiah, V (2020). Pendampingan dan pengembangan Manejemen Pemasaran Produk UMKM melalui teknologi Digital di masa pandemic Covid-19, Jurnal Loyalitas Sosial; 2(2),59- 70

Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah (2019). Jurnal UMKM Dewantara 2,(1), 27-46

BPS Provinsi Maluku, Maluku Dalam Angka, 2020

Indrawan, B & Yaniawati,P. 2019) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan campuran untuk manajemen, Pembangunan dan Pendidikan.

Intan T., Revira B, Ernita A.(2019)., Peningatan Daya saing Produsen Minuman Herbal melalui pembuatan Konten Kreatif Media Sosial

Mubiroh,S & Ruscitasari,Z (2019)., Implementasi SAK EMKM dan Pengaruhnya terhadap penerimaan Kredit UMKM berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia 4(2),1-15

Downloads

Published

2022-05-20 — Updated on 2022-05-20

Versions

How to Cite

Ferdinandus, S., & Kuhuparuw, V. J. . (2022). PROSPEK PEMBINAAN PENGEMBANGAN UMKM DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 414–420. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4328