This is an outdated version published on 2022-05-17. Read the most recent version.

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PEMBELAJARAN BERAGAMA SISWA SMA IT SABBIHISMA PADANG

Authors

  • Devi Syukri Azhari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ashabul Fadhli Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Mustapa Mustapa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Mustapa Mustapa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4278

Keywords:

Teknologi informasi, pendidikan, SMA IT Sabbihisma Padang

Abstract

Dalam dunia pendidikan, Teknologi Informasi dan Komnikasi secara umum bertujuan agar peserta didik memahami perangkat teknologi informasi dan komunikasi secara umum, antara lain Komputer (literate) dan information literate, artinya peserta didik mengenal istilah-istilah yang digunakan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, selain membantu siswa SMA IT Sabbihisma Padang dalam pembelajaran juga memiliki peran yang cukup berpengaruh bagi guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya keterampilan mengajarnya. Di dalam Al-Qur'an begitu banyak perintah, pernyataan, saran, sindiran dan sebagainya yang secara substansial mengaitkan ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surat Yunus ayat 101 yang artinya “Lakukanlah penelitian yang intensif tentang apa yang ada di bumi”.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Asep Usman Ismail. 2010. Manajemen Masjid. Bandung: Angkasa (Anggota IKAPI). Alwi Hasan. Dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt Raja Grafindo.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rieneka Cipta . Bruinessen, Martin van. 1995.

Kitab kuning :Pesantren dan Tarekat, Tradisi Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan. Bungin Burhan. 2012.

Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. Hendriati Agustian. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitaif. Jakarta: Gaung Persada Pres. Ihromi, Tapi Omas. 1987. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan OborIndonesia anggota IKAPI.

Moleong, Lexy, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mohammad Ali. 2004. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Mohammad

Ali. 2014. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Miles dan Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Jakarta:UI Press Parsons,Talcott. 1937,

The Strukture of Sosial Action. New York. Rosleny Marliani. 2016. Psikologi perkembangan.Bandung: Pustaka Setia.

Rumini Sri. 2004. Perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT Adi Mahasatya. Rocher, Guy. 1975, Talcott Parsons and Amen can Sociology. New York: Barnes andNoble.

Ritzer George. 2011, Teori Struktural Fungsional. Jakarta. Kencana. 65 Suryabrata, sumandi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2012.

Metode Penelitian Kauntitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Soekanto, Soerjono.2009.

Peranan Ibu Bapak Dalam Mendidik Anak . Bandung : Angkasa. Yusuf, Muri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Published

2022-05-17

Versions

How to Cite

Azhari, D. S. ., Fadhli, A. ., Mustapa, M., & Mustapa, M. (2022). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PEMBELAJARAN BERAGAMA SISWA SMA IT SABBIHISMA PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 393–399. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4278