SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SMP NURUL AZMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4032Keywords:
Media Pembelajaran Daring, Sekolah, Covid-19Abstract
Saat ini Indonesia berada di masa Pandemic Covid-19 yang membuat proses pembelajaran di seluruh sekolah melakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh SPM Nurul Azam dinilai tidak efektif oleh orang tua siswa karena kurang pahamnya pengetahuan mengenai teknologi informasi yang dapat menunjang proses belajar. Tujuan adanya kegiatan adalah untuk membantu siswa dalam adaptasi teknologi selama pembelajaran daringdengan mengguna;kan aplikasi Zoom meeting, Google meet, dan Google Classroom.Metode pengabdian yang dilakukan adalah tiga tahap, yaitu observasidan perencanaan, implementasikegiatan, dan refleksievaluasi. Sasaran pengabdian adalah siswa-siswi kelas 5-6 Sekolah Dasar di Kelurahan Sutojayansebanyak 15 siswa. Implementasi kegiatan dilakukan dengan cara sosialisasi penggunaan aplikasi yang umum digunakan selama pembelajaran daring, seperti Zoom Meeting, Google Meet, dan Google Classroom.Hasil yang diperoleh adalah meningkatnyapengetahuan siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring.References
Hidayat, R., Khotimah, K., & Sumarlam, S. (2021). Van Dijk’s critical discourse analysis in the Narasi Mata Najwa program and the community response to the face-to-face learning in Indonesian. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 166–177.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930.
Labudasari, E., Rochmah, E., & Hastuti, S. S. (2022). Pendampingan Penyusunan Media Pembelajaran Daring Berbasis Digital Bagi KKG Gugus 3 Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 28(1), 9–15.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Downloads
Published
Versions
- 2022-05-28 (2)
- 2022-05-27 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bambang Perkasa Alam, Ryan Hidayat, Fauzi Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.