PENERAPAN DAN PELATIHAN WEB PKK DESA PURWOREJO KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Dyah Ayu Megawaty Universitas Teknokrat Indonesia
  • Setiawansyah Setiawansyah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Imam Ahmad Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dyah Aminatun Universitas Teknokrat Indonesia
  • Berlinda Mandasari Universitas Teknokrat Indonesia
  • Debby Alita Universitas Teknokrat Indonesia
  • Reza Pustika Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dinda Titian Lestari Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4031

Keywords:

Aplikasi, PKK, Sistem, Website

Abstract

Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) adalah gerakan nasional pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah ke atas, menyelenggarakan pemerintahan di lingkungan masyarakat sekitar untuk kesejahteraan bersama. Penyelenggaraan PKK merupakan salah satu tugas pemerintah desa atau kelurahan. Setiap desa atau kelurahan memiliki kelompok PKK yang mendukung pemerintah desa atau kelurahan dalam pengelolaan kependudukan dan pembangunan wilayah. Salah satunya desa/kampung purworejo kecamatan kota gajah kabupaten lampung tengah. Kampung purworejo adalah desa yang memiliki peranan penting dalam memberdayakan wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa dengan organisasi PKK yang dicanangkan pemerintah. Organisasi PKK memiliki sebuah struktur organisasi. PKK juga mempunyai sebuah kelompok kerja (POKJA) dan setiap POKJA memegang peranan kegiatan yang berbeda. Selama kegiatan PKK saat ini rekap hasil kegiatan dilakukan secara manual di buku sekretaris. Dengan berkembangnya sistem informasi, proses pencatatan dan pendokumentasian kegiatan PKK harus terekap secara rapi dan terorganisir. Untuk memberikan solusi maka perlunya dikembangkan Sistem Informasi berbasis website. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sistem informasi PKK berbasis website yang mencakup keseluruhan kegiatan PKK, termasuk diantaranya pendataan anggota, penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan setiap POKJA yang akan membantu para petugas dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

References

Darwis, D., Octaviansyah, A. F., Sulistiani, H., & Putra, Y. R. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 159–170.

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71–77.

Megawaty, D. A., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Penerapan Digital Library Untuk Otomatisasi Administrasi Perpustakaan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 121–127.

Pasha, D. (2020). Sistem Pengolahan Data Penilaian Berbasis Web Menggunakan Metode Piecies. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 97–104.

Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89–95.

Siregar, M. U., & Musafa, H. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Dengan Metode Extreme Programming. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 4(2), 13–18.

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Megawaty, D. A. ., Setiawansyah, S., Ahmad, I. ., Aminatun, D. ., Mandasari, B. ., Alita, D. ., Pustika, R. ., & Lestari, D. T. . (2022). PENERAPAN DAN PELATIHAN WEB PKK DESA PURWOREJO KOTA GAJAH LAMPUNG TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 339–344. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4031 (Original work published February 28, 2022)