This is an outdated version published on 2022-02-28. Read the most recent version.

PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI SMA/MA/SMK DI DESA PURWOREJO LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Berlinda Mandasari Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dyah Aminatun Universitas Teknokrat Indonesia
  • Reza Pustika Universitas Teknokrat Indonesia
  • Setiawansyah Setiawansyah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dyah Ayu Megawaty Universitas Teknokrat Indonesia
  • Imam Ahmad Universitas Teknokrat Indonesia
  • Debby Alita Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4026

Keywords:

Bahasa Inggris, Teknologi

Abstract

Pentingnya penguasaan Bahasa Inggris bagi setiap peserta didik merupakan hal yang perlu diperhatikan, baik oleh para tenaga pendidik maupun peserta didik itu sendiri. Hal ini mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang menuntut para individu untuk dapat menguasai keterampilan Bahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran dasar Bahasa Inggris kepada siswa-siswi SMA/MA/SMK di desa Purworejo, Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah guna meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Adapun tahapan kegiatan ini adalah: 1) pemberian materi Bahasa Inggris mengenai self-introduction dan daily activities, 2) pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris, seperti sesi konsultasi atau tanya jawab saat diperlukan, dan 3) evaluasi kegiatan dengan meminta respon dan saran terhadap kebermanfaatan kegiatan PKM yang telah dilakukan. Luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan Bahasa Inggris siswa-siswi SMA/MA/SMK desa Purworejo, Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah yang ditujukan oleh hasil wawancara para peserta didik setelah mendapatkan kegiatan pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Mandasari, B., Aminatun, D., Qurrota’Akyuningrum, V., & Nuraziza, N. (2021). Pelatihan Public Speaking Bagi Siswa-Siswi Smk Farmasi Cendikia Farma Husada Bandar Lampung. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 109-121.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70.

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01).

Downloads

Published

2022-02-28

Versions

How to Cite

Mandasari, B. ., Aminatun, D. ., Pustika, R. ., Setiawansyah, S., Megawaty, D. A. ., Ahmad, I. ., & Alita, D. . (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI SMA/MA/SMK DI DESA PURWOREJO LAMPUNG TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 332–338. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4026