This is an outdated version published on 2022-02-28. Read the most recent version.

PENINGKATAN DIGITAL MARKETING KARANG TARUNA DESA HANURA DALAM MEMASARKAN WISATA PASAR SABIN

Authors

  • Nicky Dwi Puspaningtyas Universitas Teknokrat Indonesia
  • Sugama Maskar Universitas Teknokrat Indonesia
  • Putri Sukma Dewi Universitas Teknokrat Indonesia
  • Putri M. Asmara Universitas Teknokrat Indonesia
  • Intan Mauliya Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4017

Keywords:

Digital, Marketing, Wisata

Abstract

Wisata Pasar Sabin merupakan kawasan persawahan (sabin) milik warga desa Hanura. Karang taruna desa Hanura bergotong royong membuat lokasi wisata Pasar Sabin karena potensi wisata yang cukup potensial. Dalam meningkatkan potensi wisata dibutuhkan pemasaran yang baik, salah satunya adalah digital marketing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya peningkatan wawasan digital marketing bagi karang taruna desa Hanura dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Dalam pelaksanaan pelatihan karang taruna desa yang berjumlah 20 peserta sangat antusias dalam pelaksanaan. Pelatihan dilakukan dalam tiga sesi yaitu konsep digital marketing, persiapan pembuatan konten serta praktek pembuatan konten di pasar Sabin. Terdapat peningkatan yang signifikan dari wawasan dgital marketing bagi karang taruna desa Hanura. Wawasan tersebut meliputi definisi, peran, fungsi serta pembuatan konten digital pada peserta pelatihan. Rata-rata pencapaian wawasan digital marketing sebesar 85 dengan standar deviasi 22,6. Konten yang dihasilkan juga mendapat predikat A (memuaskan) pada 15 peserta dan predikat B (baik) pada 5 peserta.

References

Apriyani, W. A., Sastrawan, A., & Rosyid, R. (2016). Analisis Faktor Penyebab Siswa Lulusan SMA Tidak Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–10.

A. Prasetyowati. 2020. Digital marketing. Respository UM. Edultera

Demaz Fauzi Hadi1 ,. 2021. Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Jurnal Competitiv. Volume 16, Nomor 1, Juli 2021

Fadly, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. 5, 213–222. https://apjii.or.id/

https://nasional.kontan.co.id/news/jumlah-siswa-yang-lanjut-perguruan-tinggi-di-indonesia-tertinggal-jauh-dari-tetangga

https://hanura.smartvillage.co.id/artikel/2021/3/29/kepala-desa-hanura-resmikan-pasar-sabin-dengan-tujuan-bangun-ekonomi-berbasis-masyarakat

Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Risa Ratna Gumilang. 2018. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri STIE Sebelas April Sumedang. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 10 No 1

Waseso, Ratih. 2020. Jumlah siswa yang lanjut perguruan tinggi di Indonesia tertinggal jauh dari tetangga.

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-02-28

Versions

How to Cite

Puspaningtyas, N. D. ., Maskar, S. ., Dewi, P. S. ., Asmara, P. M. ., & Mauliya, I. . (2022). PENINGKATAN DIGITAL MARKETING KARANG TARUNA DESA HANURA DALAM MEMASARKAN WISATA PASAR SABIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 320–323. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4017