PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SMP AINUL ULUM MOJOAGUNG JOMBANG

Authors

  • Mukminatus Zuhriyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Sayid Ma'rifatulloh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Ria Kamilah Agustina Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3982

Keywords:

Pelatihan, Pembelajaran Online, Guru SMP Ainul Ulum

Abstract

SMP Ainul Ulum Mojoagung adalah SMP yang terletak di daerah pelosok Jombang. Kemampuan teknologi dari para guru SMP ini masih rendah sehingga sangat terkendala sekali dengan adanya peraturan pemerintah tentang pembelajaran daring karena pandemi COVID-19 ini. Mereka sangat memerlukan pelatihan penggunaan teknologi untuk mengelola kelas pembelajaran daringnya. Sehingga tim PkM prodi pendidikan bahasa Inggris UNHASY memutuskan untuk meberikan pelatihan penggunaan aplikasi Zoho, GoogleClassroom, GoogleMeet, dan Faststone Capture untuk membantu mereka dalam melaksanakan pembelajaran daring. Hasil pretes dan postes dari pelatihan ini menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan yakni dari hanya 20% saja yang bisa menjawab soal pretes menjadi 100% peserta mampu menjawab soal postes. Dari kuesioner testimoni yang dibagikan kepada peserta setelah pelatihan berakhir diketahui bahwa pelatihan pembelajaran online yang diberikan oleh tim PkM prodi pendidikan bahasa Inggris UNHASY ini sangat bermanfaat dan membantu mereka untuk mengajar di kelas daringnya. Pelatihan yang semacam ini sangat diperlukan bagi guru yang berada di daerah pelosok untuk meningkatkan kemampuan berteknologinya dalam era pembelajaran daring di masa pandemi seperti saat ini.

References

Elfahmi, R. (2020). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi COVID 19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Bionatural, 7(2), 45–52.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan aplikasi mendeley desktop mengelola referensi publikasi karya ilmiah mahasiswa. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat 2019, 64–74.

Lestariningsih, E. D., Wijayatiningsih, T. D., Pramudibyo, H., Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2019). Penggunaan aplikasi komputer dalam peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri 01 Kembangarum Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.26714/jsm.1.2.2019.125-131

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (JIUBJ), 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Prayitno, E. (2015). Pembelajaran interaktif: inovasi guru matematika pemacu kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Karya Pendidikan Matematika (JKPM), 2(214–19). https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi COVID-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Raharjo, E. I., & Haryanto, D. (2020). Pelatihan teknik pengolahan ikan lele asap dengan alat pengasap ikan portable bagi pengurus pimpinan cabang Muhammadiyah (PCM) Pontianak Tenggara dan UMKM kota Pontianak. AL-KHIDMAH, 3, 68–72. https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v3i2.2599

Riadil, I. G., Nuraeni, M., & Prakoso, Y. M. (2020). Persepsi guru Paud terhadap sistem pembelajaran daring melalui whatsapp di masa Pandemi Covid-19. PAUDIA, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6574

Samuel, D. (2015). Antusiasme guru dalam program pengembangan kompetensi pedagogik dan determinannya. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid - 19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159–164. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/212

Zuhriyah, M., & Fajarina, M. (2021). Course review horay and critical thinking skills: the effective teaching model for students’ grammar competence in remote EFL classrooms. Journal on English as a Foreign Language, 11(2), 297–317. https://doi.org/10.23971/jefl.v11i2.2974

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Zuhriyah, M., Ma’rifatulloh, S., & Agustina, R. K. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU SMP AINUL ULUM MOJOAGUNG JOMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3982