PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH DAUR ULANG SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG LEBAK JAYA PANDEGLANG

Authors

  • Nini Adelina Universitas Indraprasta PGRI
  • Tri Angkarini Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3899

Keywords:

Pengolahan Limbah, Daur Ulang, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat pada semester Genap 2020/2021 ini yaitu tim pengabdian kegiatan masyarakat UNINDRA PGRI bekerjasama dengan mitra lembaga BMC memberikan solusi guna membantu masyarakat di wilayah Kampung Lebak Jaya di Kabupaten Pandeglang untuk meningkatkan perekonomian dan juga membuka lowongan pekerjaan bagi penduduk setempat dimasa pandemi ini dan juga memberikan solusi bagi pemerintah daerah untuk mengatasi pencemaran yang diakibatkan oleh limbah minyak jelantah dan juga limbah santan. Adapun wujud solusinya adalah dengan memberikan pelatihan mengolah limbah kelapa yaitu minyak jelantah dan juga lembah santan yang cukup banyak ditemukan di daerah ini untuk diolah menjadi sabun dan VCO (Virgin Coconut Oil). Di akhir kegiatan pengabdian masyarakat ini, hasil yang diperoleh adalah: (1) Masyarakat dapat mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun sesuai dengan instruksi yang diberikan dengan benar (2) masyarakat dapat mengolah sendiri limbah santan menjadi VCO sesuai dengan tahapan pembuatan yang sudah dijelaskan dengan benar. (3) Masyarakat termotivasi untuk mencoba mengolahnya sendiri di rumah dan menjadikannya peluang bisnis (4) Masyarakat termotivasi untuk menyebarluaskan informasi ini kepada sanak saudara, kerabat dan bahkan penduduk yang berasal dari luar wilayah Kampung Lebak Jaya. (5) Masyarakat ingin mendapatkan informasi lainnya yang berhubungan dengan pengolahan limbah lainnya sehingga mereka bisa memperoleh keterampilan yang lebih banyak lagi. (6) Membuat buku panduan tentang cara mengolah limbah kelapa untuk dibagikan kepada masyarakat sehingga pengetahuan yang sudah mereka peroleh tidak hilang.

References

V. Y. Erviana, I. Suwartini, and A. Mudayana, “Pengolahan Limbah Minyak Jelantah dan Kulit

Pisang Menjadi Sabun,” J. Solma, vol. 7, no. 2, pp. 144–152, 2018.

K. Dwijayanti, E. Darmawanto, and K. Umam, “Penerapan Pengolahan Kelapa Menjadi Minyak Murni (VCO) Menggunakan Teknologi Pemanas Buatan,” J. Dedicators Community, vol. 2, no. 1, pp. 27–38, 2018.

R. D. Kusumaningtyas, N. Qudus, R. D. A. Putri, and R. Kusumawardani, “Penerapan teknologi pengolahan limbah minyak goreng bekas menjadi sabun cuci piring untuk pengendalian pencemaran dan pemberdayaan masyarakat,” J. Abdimas, vol. 22, no. 2, pp. 201–208, 2018.

F. Damayanti and T. Supriyatin, “Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, 2021.

S. Sumiati, T. A. Munandar, A. Febriasari, S. Suryaman, S. Sulasno, and A. Dwijayanti, “Pemberdayaan Kelompok Ibu Rumah Tangga Melalui Pembentukan Home Industry Sabun Pencuci Lantai Berbahan Dasar Limbah Minyak Jelantah,” Al-Khidmat, vol. 2, no. 1, pp. 29–33, 2019.

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Adelina, N., & Angkarini, T. . (2022). PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH DAUR ULANG SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG LEBAK JAYA PANDEGLANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 479–485. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3899