PELATIHAN ANIMATED VIDEOS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BATOLA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3896Keywords:
Animasi, Guru, VideoAbstract
Sebagai seorang pengajar professional yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru diharapkan terus mengembangkan kompetensinya baik dalam hal kemampuan penyampaian materi secara verbal maupun keterampilan dirinya terutama dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif di Sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) ini bertujuan untuk membantu para Guru di MTsN 3 Barito Kuala dalam membuat video pembelajaran berbasis multimedia seperti pembuatan video animasi menggunakan Canva. Adapun metode yang digunakan antara lain yaitu metode presentasi, metode pelatihan sekaligus pendampingan serta metode praktek mandiri. Adanya kegiatan PKM ini dapat membantu guru MTsN 3 Barito Kuala dalam membuat video pembelajaran yang interaktif sesuai perkembangan teknologi dan berhasil meningkatkan level keberdayaan peserta dengan rata-rata peningkatan sebesar 50%.References
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121
Andriyani, S., & Christy, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada SMK Negeri 1 Air Joman – Kisaran. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 15–18. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.104
Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen Nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.
Fauzi Yusa Rahman, Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176
Narastri Insan Utami, Mulianti Widanarti, K. A. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, March 2020, 1411–1417.
Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.
Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700
Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171
Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Mertayasa, I. N. E. (2021). Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Guru- Guru Smp Negeri 4 Singaraja. 381–387.
Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Jurnal Komunikasi, 11(1), 9–16.
Waode Eti Hardiyanti1, Muhammad Ilham, Waode Ekadayanti, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar Powtoon Bagi Guru PAUD. Indonesia Jl. Kapt. Piere Tendean, 3(2), 93563.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sefto Pratama, Erfan Karyadiputra, Fauzi Yusa Rahman , Indu Indah Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.