PEMBERDAYAAN KOMUNITAS BASIS USAHA TRANS MPASESEPAN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA

Authors

  • Adonia Anita Batkunde Universitas Pattimura
  • Ignasius Samson Refo SPTAK Ambon
  • Maria J.F Esomar Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3892

Keywords:

Komunitas Basis, Kewirausahaan, Pembukuan

Abstract

Kolaborasi  dan sinergitas antara koperasi Credit Union Hati Amboina (CUHA) dan anggotanya di desa Atubul dapat mejadi kekuatan untuk meningkatkan pemberdayaan masyrakat desa. CUHA dalam tahun-tahun terakihir ini telah mendorong anggotanya untuk membentuk komunitas basis (Kombas) usaha. Pemberdayaan komunitas basis usaha melalui pelatihan kewirausahaan dan pembukuan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan anggota komunitas dalam berwirausaha dan membuat pembukuan sederhana yang sistematis. Kegiatan ini dilakukan di Desa Atubul Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku dan peserta kegiatan merupakan anggota komunitas basis usaha Trans dan Mpasesepan koperasi CUHA di desa Atubul.  Masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu kurangnya kemampuan berwirausaha dan mengelola keuangan. Pembelajaran menggunakan metode  diskusi, presentasi materi kewirusahaan dan teknik pembukuan sederhana yang dipraktekkan oleh narasumber dan peserta, serta sesi tanya jawab. Setelah melaksanakan kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan ketrampilan peserta. Hasil evaluasi dari kegiatan pengabdian ini menghasilkan rencana tindak  lanjut kegiatan berikutnya yaitu  kerjasama dan pendampingan dari Dinas Pertanian, Koperasi CUHA dan Perguruan Tinggi. Komunitas basis usaha di Desa Atubul  akan diberikan pendampingan, pelatihan dan pemberian kredit untuk usaha-usaha produktif.

References

Apriyansa, D. (2020). Pengaruh Strategi Nafkah dan Relasi Sosial Pedesaan Untuk Penigkatan Kesejahteraan Rumahtangga Petani Kopi. Studi Pustaka, 9(2).

Budiyanti, I., & Dharmawan, A. H. (2018). Strategi Nafkah Dan Relasi Sosial Rumahtangga Petani Tebu (Studi Kasus: Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(1), 105–122.

Darmansyah, A., Zuraida, U., & Purwanto, Y. (2020). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan dan Pembukuan dalam Mendukung Terbentuknya Wirausaha Baru di Kabupaten Indramayu. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 285–291.

Laily, N., & Efendi, D. (2019). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi Wanita Wirausaha Batik Jonegoro di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 3(1), 43–46.

Refo, I. S., Esomar, M. J. F., & Batkunde, A. A. (2021). Bimbingan Teknis Pengawasan Bagi Komite Audit Koperasi Credit Union Hati Amboina. Jurnal Abdidas, 2(4), 774–782.

Teriola, E. W., Girsang, W., & Wenno, N. F. (2019). Strategi Nafkah Dan Kemiskinan Di Kepulauan Tanimbar (Studi Kasus Rumah Tangga Petani di Desa Lelingluan Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 6(2), 199–211.

Ulum, M. C., & Anggaini, N. L. V. (2020). Community Empowerment: Teori dan Praktik Pemberdayaan Komunitas. Universitas Brawijaya Press.

https://www.dharapos.com/2021/11/ini-3-strategi-pemkab-tanimbar-atasi.html)

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Batkunde, A. A. ., Refo, I. S. ., & Esomar, M. J. . (2022). PEMBERDAYAAN KOMUNITAS BASIS USAHA TRANS MPASESEPAN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 290–296. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3892 (Original work published February 28, 2022)