PEMBUATAN DAN PROMOSI OBJEK WISATA BUNTU KALAYA'

Authors

  • Adriana Madya Marampa Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Oktavianus Pasoloroan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Desmanto Kallolangi Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38516

Keywords:

Pariwisata, Pengembangan Wisata, , Buntu Kalaya', Toraja, Promosi Digital

Abstract

Pengembangan pariwisata di kawasan pedesaan memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal, terutama di daerah yang kaya akan keindahan alam dan budaya seperti Toraja. Tujuan PKM  berfokus pada pengembangan dan promosi objek wisata Buntu Kalaya' di Lembang Kaero, Kecamatan Sangalla'. Melalui pendekatan partisipatif, mahasiswa bersama masyarakat lokal berhasil mengembangkan infrastruktur wisata seperti jalur trekking, fasilitas penunjang, serta melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Selain itu, promosi digital melalui media sosial secara efektif memperkenalkan Buntu Kalaya' sebagai destinasi wisata baru yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya Toraja.

References

Ngajow, M. elviani T., Tawas, H. endra N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh daya tarik wisata dan citra objek wisata terhadap minat berkunjung pada objek wisata Bukit Kasih Kanonang, dengan pandemi covid 19 sebagai variabel moderator. Jurnal ISSN, 9(2), 92–100.

https://ejournal.unsrat.ac.id/ind ex.php/emba/article/view/3328 0

Ningsih, S. R., Hartama, D., Wanto, A

Parlina, I., & Solikhun. (2019). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pada Pemilihan Objek Wisata di Simalungun. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 731–735.

Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269.

https://doi.org/10.23887/jish- undiksha.v10i2.33456

Priyanto, R., Syarifuddin, D., & MartinaS. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–38.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal

/index.php/abdimas

Trise Putra, D. W., Santi, S. N., Swara, G. Y., & Yulianti, E. (2020). Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21063/jtif.20 20.v8.1.1-6

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Marampa, A. M. ., Pasoloroan, O. . ., & Kallolangi, D. . (2024). PEMBUATAN DAN PROMOSI OBJEK WISATA BUNTU KALAYA’. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11696–11701. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38516