PEMBERDAYAAN MAHASISWA MELALUI WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN NAIL ART DALAM PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (PPMW) : MEMBANGUN POTENSI USAHA KREATIF DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38133Keywords:
Kewirausahaan; Nail Art; Workshop; PPMWAbstract
Kewirausahaan memiliki peran krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pola pikir kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap inovasi, pengelolaan risiko, dan daya saing, menjadikan kewirausahaan impian banyak orang. Terdapat tujuh semangat entrepreneur yang menjadi panduan, termasuk passion, kemandirian, dan ketekunan. Nail art telah muncul sebagai tren yang signifikan dalam industri kecantikan, menawarkan peluang usaha yang menarik terutama bagi kalangan perempuan. Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (PPMW) bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan wirausaha di bidang ini melalui workshop kewirausahaan yang komprehensif. workshop ini tidak hanya mengajarkan teknik dasar nail art dan penggunaan alat, tetapi juga aspek penting dalam menjalankan usaha, seperti manajemen keuangan, strategi pemasaran, dan branding. Selain meningkatkan keterampilan teknis, program ini berfokus pada membangun kepercayaan diri dan semangat kewirausahaan, serta menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan. Workshop juga menekankan penggunaan bahan ramah lingkungan dan tren terkini dalam desain nail art, sejalan dengan kesadaran konsumen akan keberlanjutan. Diharapkan, mahasiswa dapat menjadi pelopor inovasi dalam industri ini, berkontribusi pada ekonomi kreatif, dan menciptakan lapangan kerja baru. Dengan semua potensi yang dimiliki, nail art dapat bertransformasi dari sekadar hobi menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan, memberikan dampak positif bagi masyarakat. Melalui pelatihan yang tepat, mahasiswa dapat mengubah minat mereka menjadi peluang usaha yang bermanfaat dan menguntungkan.References
Angelita Lavenia, Claudia Raberta Repanela, Dewi Lestari, & Puja Astuti. (2024). Peningkatan Kualitas Layanan dan Efisiensi Waktu Dalam Proses Pengecatan Kuku. Jurnal Manuhara?: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 26–31. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.925
Arda, M., Andriany, D., & Putra, Y. A. (2023). Pengaruh Bantuan Modal dan Pendampingan Terhadap Keberhasilan Usaha Mahasiswa P2MW.
Avrillia, S., Aisyah, N., Nabila, S., Rahmawati, N. Q., & Adiyanto, M. R. (2024). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Tinjauan Pada Beautte Nail.
DN, D. A., & Sari, W. K. (2023). Kewirausahaan Bidang Agribisnis Di Perguruan Tinggi. www.freepik.com
Febriana, N. (2023). Optimasi Instagram Sebagai Pengembangan Strategi Promosi Bisnis Nail Art Di Kota Semarang.
Fitriawan, D., Siregar, N., Mirza, A., Hartoyo, A., & Sulistyowati, E. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Workshop inovasi dalam kewirausahaan di era baru.
Puspito, D. R. A., Hanafi, & Nurlaila, E. (2022). Analisis Kemampuan Wirausaha Mahasiswa PGSD. Cendekiawan, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.256
Saefullah, A., Arza, Z., Putra, D., Fadli, A., & Aisha, N. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) STIE Ganesha Tahun 2022. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 329–344. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1686
Saefullah, A., hidayatullah, S., Noviar, E., Fadli, A., Herawati, T., & Nurhayati. (2022). Pengembangan skill wirausaha mahasiswa STIE Ganesha melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kemdikbudristek RI Tahun 2022. https://doi.org/10.31258/unricsce.4.173
Satrio, B. R. D., Andini, R. A., & Sahara, S. (2024). Implementasi Strategi Digital Marketing Sebagai Inovasi Kreatif di Bidang Wirausaha Nails Art. In Jurnal Indonesia?: Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK) (Vol. 5, Issue 3). https://journal.stmiki.ac.id
Sundari, A., Prastuti, A. R., Saputo, I. R., Febriana, J., Putri, S. M., Jalan, A.?:, Yusuf, M., 10, N., & Tangerang, K. (2023). Strategi Kemendikbud Dalam Pemberdayaan UMKM Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 338–347. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.259
Zultisari, V. (2024). Proses Kreativitas Desainer dan Konsumen Dalam Pembuatan Nail Art. Communnity Development Journal, 5(3), 4906–4912
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.