DIGITALISASI SALURAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI TK INTAN SIDOARJO MELALUI APLIKASI CLASS DOJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37692Keywords:
Komunikasi Digital,Class Dojo,Literasi Digital,Participatory Action ResearchAbstract
Komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan dan pencapaian belajar anak dalam usia emas. Program pengabdian masyarakat tim UPN “Veteran” Jawa Timur di Sekolah Intan Sidoarjo ini bertujuan menyelesaikan hambatan komunikasi antara guru dan orang tua dengan memperkenalkan aplikasi Class Dojo sebagai platform komunikasi digital yang terstruktur. Program ini menggunakan model Participatory Action Research (PAR) melalui enam tahapan observasi, perencanaan, implementasi, refleksi, dan evaluasi. Melalui metode pembelajaran andragogi dan peer tutoring, sebanyak 10 guru anak usia dini dilatih untuk membuat akun, mengeksplorasi fitur, dan menggunakan aplikasi Class Dojo dalam komunikasi sehari-hari. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran guru terhadap literasi digital dan praktik komunikasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua. Meskipun terdapat kendala minor seperti keterbatasan perangkat keras dan kegagapan awal terhadap teknologi, program ini memberikan dampak positif terhadap kualitas komunikasi dan efisiensi administrasi. Kegiatan ini menunjukkan potensi alat digital seperti Class Dojo untuk meningkatkan kolaborasi dan mendukung pendidikan anak secara berkelanjutan. Temuan ini menjadi rekomendasi bagi sekolah yang menghadapi masalah serupa untuk mengadopsi platform komunikasi digital yang terstruktur.References
Abdullah, D., Maqfirah, P. A. V., Arifin, S. N., & Haddar, G. A. (2023). The role of parent-teacher communication for improving children’s achievement. Cendekia:Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(3).
Arifin, A., Norain, S., & Ridwan, R. (2022). ESP COURSE DESIGN: THE NEED ANALYSIS ON ENGLISH FOR TOURISM BOOK FOR TRAVEL BUSINESS DEPARTMENT OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMKN 1 TARAKAN. Technium Education and Humanities, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47577/teh.v2i2.6968
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. PustakaPelajar.
Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005
Heath, D., Maghrabi, R., & Carr, N. (2015). Implications of Information and Communication Technologies (ICT) for School-Home Communication. Journal of Information Technology Education, 14.
Jalal, N. M., Safiah, I., Dhiu, K. D., Sanjayanti, N. P. A. H., Akbar, A., Rame, T., Meka, M., & Tabroni, I. (2022). Teori Perkembangan Peserta Didik. YayasanPenerbitMuhammadZaini.
Kraft, M. A., & Bolves, A. J. (2022). Can Technology Transform Communication Between Schools, Teachers, and Parents? Evidence from a Randomized Field Trial. Education Finance and Policy, 17(3), 479–510. https://doi.org/10.1162/edfp_a_00344
Morales, M. P. E. (2015). Participatory Action Research (PAR) cum Action Research (AR) in Teacher Professional Development: A Literature Review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156. https://doi.org/10.21890/ijres.01395
Siregar, Z. A. B., & Kadir, A. (2024). Pemberdayaan sekolah wilayah tertinggal melalui pembelajaran berbasis teknologi informatika. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 526–536. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21086
Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998
UNICEF. (2020). Strengthening Digital Literacy across Indonesia.
Young, L. (2006). Editorial. Western Journal of Nursing Research, 28(5), 499–504. https://doi.org/10.1177/0193945906288597
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahrotul Munawwaroh, Dhelittya Finaliyani Putri, Mohammad Syarrafah, Sigit Andrianto, Reza Mehdi Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.