PENDIDIKAN BERKRAKTER KELAS AKSARA AL-QURAN BAGI PEMULA DI DESA SALU DEWATA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37691Keywords:
Al-Qur’an, Kelas Aksara, Pendidikan BerkarakterAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengimplementasikan pendidikan berkarakter berbasis kelas aksara Al-Qur'an bagi pemula di Desa Salu Dewata. Program ini fokus pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan penanaman nilai-nilai karakter dari ajaran Al-Qur'an. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui tahapan persiapan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan pemetaan kebutuhan pendidikan Al-Qur'an di desa. Tahap implementasi melibatkan pembelajaran rutin mengenalkan huruf hijaiyah dan latihan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan ujian lisan untuk menilai kemajuan anak dalam membaca dan memahami nilai karakter. Hasil kegiatan menunjukkan 70% anak mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan mulai menginternalisasi nilai-nilai karakter positif. Meskipun ada tantangan keterbatasan sumber daya, kegiatan ini berdampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan karakter anak-anak di Desa Salu Dewata.References
Ansari, Muhammad Iqbal. dkk. 2020. “Sistem Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode At-Tibyandi Rumah TahfidzHummul Qur’a Kota Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, Vol. 10, No. 1.
Bariyah, Khoirul. dkk. 2021. “Analisis Strategi Pembelajaran Alquran”. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 1, No. 1.
Faisal, Achmad Reza. 2022. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Profesi Kependidikan. Vol. 1, No. 1.
Hardiansyah dan Sriyanti. 2020. “Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dasar”. Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Vol. 1, No. 3.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan Aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Idris, Muhammad. dkk. 2022. “PAI Mengajar; Sebuah Upaya Memberantas Buta Aksara Al-Qur'an Pada Masyarakat Lebong Provinsi Bengkulu”. Jurnal Pema Tarbiyah, Vol. 1, No. 2.
Mukni’ah. 2020. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Nasional, P., Karumiadri, M., Jinan, M., & Rochim, N. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Humanistik Menurut Prof . Dr . Hamka. 4(2), 165–178. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.170
Rahman, Abdul. dkk. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1.
Ridhahani. 2016. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Al-Qur'an. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Zannah, Fathul. 2020. “Intergrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. TUNAS: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar. Vol. 5, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.