PENDIDIKAN BERKRAKTER KELAS AKSARA AL-QURAN BAGI PEMULA DI DESA SALU DEWATA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Samsul Bahri Universitas Muhammadiyah Bone
  • Ahmad Ahmad Universitas Muhammadiyah Bone
  • Maming Genda Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37691

Keywords:

Al-Qur’an, Kelas Aksara, Pendidikan Berkarakter

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengimplementasikan pendidikan berkarakter berbasis kelas aksara Al-Qur'an bagi pemula di Desa Salu Dewata. Program ini fokus pada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan penanaman nilai-nilai karakter dari ajaran Al-Qur'an. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui tahapan persiapan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan pemetaan kebutuhan pendidikan Al-Qur'an di desa. Tahap implementasi melibatkan pembelajaran rutin mengenalkan huruf hijaiyah dan latihan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan ujian lisan untuk menilai kemajuan anak dalam membaca dan memahami nilai karakter. Hasil kegiatan menunjukkan 70% anak mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dan mulai menginternalisasi nilai-nilai karakter positif. Meskipun ada tantangan keterbatasan sumber daya, kegiatan ini berdampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan karakter anak-anak di Desa Salu Dewata.

References

Ansari, Muhammad Iqbal. dkk. 2020. “Sistem Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode At-Tibyandi Rumah TahfidzHummul Qur’a Kota Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, Vol. 10, No. 1.

Bariyah, Khoirul. dkk. 2021. “Analisis Strategi Pembelajaran Alquran”. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 1, No. 1.

Faisal, Achmad Reza. 2022. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Profesi Kependidikan. Vol. 1, No. 1.

Hardiansyah dan Sriyanti. 2020. “Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dasar”. Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Vol. 1, No. 3.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan Aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Idris, Muhammad. dkk. 2022. “PAI Mengajar; Sebuah Upaya Memberantas Buta Aksara Al-Qur'an Pada Masyarakat Lebong Provinsi Bengkulu”. Jurnal Pema Tarbiyah, Vol. 1, No. 2.

Mukni’ah. 2020. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.

Nasional, P., Karumiadri, M., Jinan, M., & Rochim, N. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Humanistik Menurut Prof . Dr . Hamka. 4(2), 165–178. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.170

Rahman, Abdul. dkk. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1.

Ridhahani. 2016. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Al-Qur'an. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Zannah, Fathul. 2020. “Intergrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. TUNAS: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar. Vol. 5, No. 2.

Downloads

Published

2024-11-17

How to Cite

Bahri, S. ., Ahmad, A., & Genda, M. . (2024). PENDIDIKAN BERKRAKTER KELAS AKSARA AL-QURAN BAGI PEMULA DI DESA SALU DEWATA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11393–11398. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37691