PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DAN ORANGTUA DALAM MELAKUKAN DETEKSI PERMASALAHAN ARTIKULASI DI SLB NEGERI BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37566Keywords:
Artikulasi; Deteksi; Keterampilan Guru Dan Orang TuaAbstract
Deteksi dini permasalahan artikulasi anak disabilitas yang perlu dilakukan oleh guru dan orang tua di Sekolah maupun di rumah untuk menentukan program yang sesuai dengan kebutuhan anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dan orang tua dalam melakukan deteksi dini dalam hal ini adalah identifikasi awal sebagai Langkah awal dalam mengenali anak yang mengalami gangguan artikulasi. Pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Peserta pengabdian ini terdiri dari 7 guru dan 10 orang tua di SLB N Boyolali. Pada pelaksanaan sosialisasi diberikan pre-post test kepada peserta pengabian dimana tes terdiri dari 8 soal tentang pengetahuan awal konsep gangguan artikulasi yaitu definisi artikulasi, karakteristik gangguan artikulasi, penanganan awal gangguan artikulasi. Analisis data menggunakan T-test yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pengabdian terjadi peningkatan keterampilan atau pengetahuan guru dan orang tua tentang deteksi dini masalah artikulasi pada anak disabilitas. Nilai rata-rata pengetahuan guru dan ibu tentang permasalahan artikulasi sebelum mengikuti kegiatan adalah 80 kemudian mengalami peningkatan dengan rata-rata 91,7 setelah mengikuti kegiatan. Keterampilan atau pengetahuan tentang deteksi dini artikulasi mengalami peningkatan, dari rata-rata 71, 4 menjadi rata-rata 98,2 analisis uji Wilcoxon adalah nilai p = 0.000 (p < 0,05). Hal tersebut menujukkan terdapat perbedaan keterampilan atau pengetahuan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Dengan peningkatan keterampilan atau pengetahuan guru dan orang tua terhadap masalah artikulasi anak disabilitas sangat penting, karena permasalahan artikulasi bisa menghambat komunikasi anak di sekolah maupun masyarakat.References
Amadeo, L., & Arifin, L.S. (2023). Analisis artikulasi tektonika pada fasilitas penyembuhan bagi anak penyandang disabilitas. Advances in Civil Engineering and Sustainable Architecture, 5 (1), 14–27.
Afifah, N., Latifah, N., & Palangka Raya, I. (2021). Gangguan Artikulasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. 1(2), 121–140. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/muallimun
Anggara, O.F., Vrisaba, N.A., & Satwika, Y.W. (2023). Penerapan deteksi dini hambatan perkembangan pada siswa KB– TK Negeri Pembina Bangkalan. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (1), 30-34.
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Astriani, D., Mufidah, A., & Farantika, D. (2021). Deteksi dini masalah psikologis dan tumbuh kembang anak usia dini. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 3(1), 18-24.
Hymes, D. (1972). On Communicative Competence (P. J, Ed.). Harmondsworth: Penguin books.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Nadya, N. L., & Kirana, H. (2020). Kontribusi gangguan berbahasa fonem /r/ dalam pembelajaran pemerolehan bahasa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 70–81.
Pebriana, U., Ekowati, D., & Fantiro, F.A. (2017). Peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran artikulasi dan media boneka tangan pada pembelajaran tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5 (2), 766-772.
Qoimudin, I. S. (2016). Peningkatan keterampilan artikulasi melalui pendekatan visual, auditori, kinestetik, taktil (VAKT) pada anak tunarungu Kelas Dasar II Di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(1), 1 – 10.
Rahmi, T.N., & Septiana, E. (2023). Efektivitas pendekatan VAK dalam meningkatkan kemampuan artikulasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2), 2188-2201.
Sander, E. K. (1972). When are Speech Sounds Learned? Journal of Speech and Hearing Disorders, 37(1), 55–63. https://doi.org/10.1044/jshd.3701.55
Shriberg, L. D., & Kwiatkowski, J. (1982). PHONOLOGICAL DISORDERS III: A PROCEDURE FOR ASSESSING SEVERITY OF INVOLVEMENT. In Journal of Speech and Hearing Disorders (Vol. 47).
Smith, J. (2020). Early cancer detection: Challenges and advancements in multi-omics approaches. Journal of Biomedical Informatics, 346–359.
Suryaningrum, C., Ingarianti, T. M., & Anwar, Z. A. (2016). Pengembangan model deteksi dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 62–74.
Taylor-Robinson, A. W., & Nguyen, T. H. (2023). Infectious Disease Surveillance in Vietnam: Pathogen Early Detection in Hanoi Wastewater. Exploratory Research and Hypothesis in Medicine, 000(000), 397–400. https://doi.org/10.14218/erhm.2022.00089
Wang, S. H., Lang, N., Bunch, G. C., Basch, S., McHugh, S. R., Huitzilopochtli, S., & Callanan, M. (2021). Dismantling Persistent Deficit Narratives About the Language and Literacy of Culturally and Linguistically Minoritized Children and Youth: Counter-Possibilities. In Frontiers in Education (Vol. 6). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.641796
Williams, A. L., McLeod, S., & McCauley, R. J. (2021). Interventions for Speech Sound Disorders in Children, Second Edition. Brookes.
Wulan, W.M. (2023). Upaya perbaikan artikulasi melalui kartu sikuen dan mimik wajah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4108-4113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Husadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.