PELATIHAN ANEKA ANYAMAN BAGI PENINGKATAN KEUANGAN ORANG MUDA KATOLIK (OMK) SASI

Authors

  • Ernestina Lika Universitas Timor
  • Sarlince Sandy Mauk Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3742

Keywords:

Aneka Anyaman, Keuangan , Orang Muda Katolik (OMK)

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi  kaulah muda dalam upaya meningkatkan keuangan agar mampu  bersaing demi  kesejateraan orang muda katolik yang berbudaya kristiani di wilayah kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Dalam pengabdian ini, permasalahan yang dihadapi oleh OMK sasi adalah (1) kurangnya keterampilan untuk mencari  dana, (2) kurangnya pemahaman tentang pengelolaan  keuangan yang baik. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan  pelatihan dan pembimbingan agar OMK  memiliki kemampuan untuk mengembangkan bakat dan minat demi meningkatkan perekonomian di daerahnya terutama bagi gereja. Metode yang dilakukan adalah  dengan teknik pelatihan dan tanya jawab secara langsung. Hasil dari pengabdian ini  dapat membantu  OMK memiliki skill yang berpotensi untuk mengembangkan  diri agar  dapat bersaing di pasar sehingga dapat meningkatkan keuangan.

References

Khoirul Anam,Edi Susilo. Peningkatan Produktivitas dan Manajemen Usaha Pada Pengrajin Anyaman Rotan Melalui Implementasi Teknologi tepat Guna. Jurnal Pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat. Volume 2,No.2, 2018.

Antonius Singgih Setiawan,Ming Chen,Andrew Gunawan,Agatha Septiani Sri Ratnasari,Antonny Wijaya. Pelatihan Penjualan Online bagi Oramg Muda Katolik Paroki St. MARIA Tugumulyo Musirawas. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2, No. 2, Edisi Juli 2021.

Frengki Nainggolan, Habel Taime. 2017. Analisis Kelayakan Usaha Anyaman Lidi Di Kabupaten Mimika (Studi Kasus Pada Usaha Kerajinan Tangan Masyarakat Nawaripi

Lembaga Penelitian JPAK STKIP Wydia Yuwana Madiun. Jurnal Pendidikan Agama Katolik. Volume. 8, tahun ke-4, oktober 2012.

N.Sunardi,Rosa Lesmana,Muliahadi Tumanggor. Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Iman dan taqwa Masyarakat Dususn Panyederan, Cimanggu,Cisalak,Subang- Jawa Barat. Jurnal Pengabdian. Vol.1, No.1,Juli 2018

Simon Nisja Putra Zai, Egas Sutipa, Zaim Arif Eko, Amru Sukmajati. Pelatihan Platform Digital Bisnis Dan Aplikasi Keuangan Pada Umkm Jaringan Muda Wonosari – Delanggu. Jurnal BUDIMAS. Vol.03,No.02,2021.

Downloads

Published

2021-11-30 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Lika, E. ., & Mauk, S. S. . (2022). PELATIHAN ANEKA ANYAMAN BAGI PENINGKATAN KEUANGAN ORANG MUDA KATOLIK (OMK) SASI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1268–1270. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3742 (Original work published November 30, 2021)