PKM PENDIDIKAN STEM-AR BAGI GURU MATEMATIKA DI KABUPATEN BATANG

Authors

  • Nurina Happy Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Lilik Ariyanto Universitas PGRI Semarang
  • Diah Safitri Universitas PGRI Semarang
  • Eliya Cicik Puspita Sari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37303

Keywords:

STEM-AR, MGMP Kabupaten Batang, Modul Ajar

Abstract

MGMP Matematika Kabupaten Batang telah berdiri sejak lama namun belum ada kesepakatan terkait pertemuan rutin dan rancangan kegiatan bagi pada anggotanya. Selain itu, para guru di MGMP Matematika Kabupaten Batang belum mengenal STEM-AR yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika. Urgensi dan fokus kegaiatn pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan aplikatif yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran matematika sehingga guru dapat mengembangkan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR dan menerapkannya di kelas matematika. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah membentuk Komunitas Belajar STEM-AR dengan fokus pada bidang sosial kemasyarakatan dan manajemen melalui metode pelaksanaan (1) memberikan pelatihan STEM, AR, dan pembuatan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR, dan (2) penerapan hasil pelatihan dalam mengembangkan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR. Kegiatan PkM Pendidikan STEM-SR bagi Guru Matematika di Kabupaten Batang telah terlaksana hingga pelaksanaan penggunaan teknologi tepat guna. Pada kegiatan pelatihan, Guru SMA di Kabupaten Batang telah memahami dengan baik terkait pendidikan STEM, AR, dan pengembangan modul ajar berbasis STEM-AR. Sudah 100% guru matematika di Kabupaten Batang telah mampu mengembangkan modul ajar berbasis STEM-AR. Guru Matematika Kabupaten Batang juga telah menerapkan pembelajaran berbasis STEM di kelas matematika, namun memang masih perlu ditingkatkan agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Siswa dalam kelas tampak antusias dengan pembelajaran berbasis STEM ini karena merupakan pengalaman baru bagi mereka. Perlu adanya perbaikan berkelanjutan dalam proses pembelajaran sehingga kelas menjadi lebih efektif.

References

Kutnadi, “Total 31 sekolah di Batang Implementasikan Kurikulum Merdeka” https://jateng.antaranews.com/berita/454153/total-31-sekolah-di-batang-implementasikan-kurikulum-merdeka, 2024.

Minarti, I. B., Dewi, K. R., Kurniawati, A. Implementasi Asesmen Autentik Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Journal on Education, 2023, 5.4: 17576-17586.

Setiadi, A. Analisis Kompetensi Guru dalam Penyiapan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Rosmana, P. S., et al. Pembelajaran Berbasis Proyek: Perancangan Modul Pembelajaran yang Mendorong Kolaborasi dan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2024, 8.1: 3494-3498.

Aninda, A., Permanasari, A., Ardianto, D. Implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi stem siswa sma. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 2020, 3.2: 1-16.

Nizaruddin, N., Purwati, H., Prayito, M., Murtianto, Y.H. IbM MGMP Matematika Kabupaten Batang. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2021, 1.1: 7-11.

Pramasdyahsari A. S., Ariyanto L, Happy, N., et al. Modul Mathematics Joyful Learning STEAM Based for Upper Class (Semarang: Universitas PGRI Semarang, 2021).

Ariana, F., Prayito, M., Happy, N., Wirani, W. The use of teaching props to improve mathematics learning outcomes in number pattern material in STEM Village Yogyakarta. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2024, 12(1): 215-226.

Agustin, I.W., Happy, N., Prayito, M., Hidayah, M. STEM application in miniature bridge-makin can sharpen children’s critical thinking patterns. Union-Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2024, 12(1): 160-172.

Prayito, M., Happy, N., Ariyanto, L. Pelatihan STEM-AR bagi Anak-Anak Kampung Tambak Lorok. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 2023, 2.2: 89-97

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, dan Happy, N. Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2019, 1.4: 30-36.

Aini A. N., Prayito, M., et al. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity. 2021.

Prayito M., et al. Buku Panduan Pengembangan Hypermedia Berbasis Virtual Reality https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202143689?type=copyright&keyword=hypermedia

Prayito M., et al. Buku panduan pengembangan membuat proyek Virtual Reality https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202143707?type=copyright&keyword=Proyek+Virtual

Linda D. A., Ariyanto, L., et al. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 2023, 5.2.

Supandi, Ariyanto, L., et al. Mobile Application to Improve Student Minimum Competency Assessment. KnE Social Sciences, 2022, 509–518-509–518.

Ariyanto, L, Rahmawati N.D., Haris A., Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2020, 5.1: 36-48.

Supandi, Ariyanto L, dan Kusumaningsih W. The Effect of Mobile Phone Application on Mathematics Learning: Students Critical Thinking Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 2019, 287.

Ariyanto L, et al. Mobile phone application for mathematics learning. In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, 2018. p. 012106.

Kusumaningsih W, Supandi S, Ariyanto L. Ethnomathematics for congruence concept: A didactical design in a mathematics classroom. In Journal of Physics: Conference Series 2020 Oct 1 (Vol. 1663, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Supandi, Kusumaningsih W, Ariyanto L. Ethnomathematics Didactic Design to Overcome Students' Learning Barriers: Similarity and Congruence Materials. In: Proceedings of the the 3rd International Conference on Education & Social Science Research (ICESRE). 2020.

Ani R, Ariyanto L., et al. Learning Model Development with Technology Ethno-Pedagogy and Content Knowledge. In: 1st International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2018). Atlantis Press, 2019. p. 190-192.

Indiasti I, Ariyanto, L., et al. Ethnopedagogy Oriented Learning Model. In: International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019). Atlantis Press, 2020. p. 79-82.

Ma'ruf A.A.I, Lubis DA, dan Arianto L. Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEID: Journal of Educational Integration and Development. 2021 Sep 11;1(3):171-80.

AS Pramasdyahsari, F Nusryahidah, IU Albab, Ariyanto L. Modul Mathematics Joyful Learning STEAM Based For Lower Class. (Semarang: Universitas PGRI Semarang, 2021).

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Happy, N. ., Prayito, M. ., Ariyanto, L. ., Safitri, D. ., & Sari, E. C. P. . (2024). PKM PENDIDIKAN STEM-AR BAGI GURU MATEMATIKA DI KABUPATEN BATANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10976–10983. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37303