SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HIJAIYAH DI KELAS 1 SD NEGERI KABAURIA

Authors

  • Fitriani. B Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrawatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Mitrakasih Laode Onde Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fitriani Fitriani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nia Kartika Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37299

Keywords:

Sosialisasi, Media Puzzle, Hijaiyah

Abstract

Sosialisasi penggunaan media puzzle Hijaiyah di Kelas 1 pada pembelajaran Agama Islam materi pengenalan huruf hijaiyah di SDN Kabauria dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru pada saat pelaksanaan  PLP2. Kegiatan PKM ini, memiliki tujuan untuk: 1) mempercepat daya ingat dan pemahaman terhadap pengenalan huruf hijaiyah, 2) mendemostrasikan cara menggunakan media puzzle hijaiyah, dan.3) Meningkatkan kreativitas guru dalam pembuatan media pembelajaran. Hasil yang diperoleh setelah sosialisasi  adalah para guru dan siswa antusias dalam proses pembelajaran, dapat membuka wawasan guru bahwa media pembelajaran merupakan salah satu poin penting dalam pembelajaran, guru kelas 1 membutuh kreativitas  untuk meningkatkan daya ingat daan pemahaman di pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah.

References

Eka Rahayu. (2020). p-ISSN?:2657-1269 e-ISSN?: 2656-9523. Jurnal Auladuna, c, 37–49.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.

Febriani, Y., & Boedi, D. (2015). Media Animasi Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Educatio, 10(2), 280–297.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Saputra, A. L. K., Sriyanto, A., & Ningtyas, Y. K. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak melalui permainan kartu huruf di TKIT An-Nur Walikunkun Kabupaten Ngawi. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 13–21.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

B, F., Aswat, H. ., Onde, M. L. ., Fitriani, F., & Kartika, N. . (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HIJAIYAH DI KELAS 1 SD NEGERI KABAURIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10949–10952. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37299