PENINGKATAN PRODUKSI DAN DAYA BELI METODE SENSORY MARKETING DI TASLIMIYAH BAKERY BULULAWANG MALANG

Authors

  • Akhirul Aminulloh Universitas Negeri Malang
  • Yuventia Prisca Diyanti Todalani Kalumbang Universitas Negeri Malang
  • Ratna Triwurian Danu Universitas Negeri Malang
  • Firman Firdausi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37292

Keywords:

Sensory Marketing, Komunikasi Pemasaran, UMKM.

Abstract

UMKM merupakan potensi masa depan dari Negara Indonesia. Harapan bangsa dapat mandiri berangkat dari niat berwirausaha sehingga dapat membuka paradigma negara produksi bukan menjadi negara konsumtif atau negara karyawan. UMKM terbukti dapat melalui badai pandemi covid-19 dengan memiliki strategi-strategi tertentu dan bahkan menggerakkan sektor perekonomian. Pada pengabdian masyarakat kemitraan dalam hal ini mengambil mitra sektor produksi yaitu bakery di area malang raya. Taslimiyah Bakery merupakan sasaran yang akan ditingkatkan bukan hanya dari sektor produksi tetapi juga inovasi melalui sektor pemasaran modern seperti sensory marketing dan pelatihan pembuatan yang berbasis profesional. Sasaran dalam pengabdian ini adalah yang terlibat di dalam mitra tersebut yaitu pengelola dan koki. Hal ini agar dapat menjadi peningkatan pemahaman bagaimana berinovasi dalam produk dan pemasaran secara modern seperti yang dilakukan oleh brand-brand bakery besar. Hasil dari pengabdian masyarakat bahwa dengan menggunakan konsep Sensory Marketing dan pelatihan Sumber Daya Manusia dalam produksi ternyata mampu memberikan respon pasar baru terhadap produk yang biasa dijual. Pola baru seperti berkembangnya bukan hanya dari bentuk bakery namun juga merambah kue kering juga mampu dilakukan oleh mitra. Mitra dapat membaca momentum pasar ketika menghadapi suatu kondisi dimana permintaan sedang tinggi seperti hari raya dan momentum lain seperti acara besar sehingga bukan hanya mengerjakan sistem harian saja.

References

Alqausar, Duha. (2023). Sukses Tarik Pelanggan, Ini Pengertian, Manfaat dan Jenis dari Sensory Marketing. https://marketing.proxsisgroup.com/sensory-marketing/.

B. Hultén, N. Broweus, and M. van Dijk. (2009). Sensory marketing. Palgrave Macmillan Great Britain.

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

R. Rahmadhanimara, T. Purwinarti, N. S. Made Widhi. (2022). Sensory Marketing: Aroma Dan Cita Rasa Terhadap Pembentukan Persepsi Konsumen (Studi Kasus: Gerai Roti O Di Stasiun Krl Commuter Line Jakarta Selatan). Jurnal Epigram 19 (2), 162-173

Tjiptono, Fandy. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Widowati I. (2022). Analisis Swot Untuk Pengembangan Bisnis Kuliner (Studi Kasus Pada UMKM Papat Sodara Food Purwakarta). Jurnal Teknologika. 12 (1), 1-11.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Aminulloh, A. ., Kalumbang, Y. P. D. T. ., Danu, R. T. ., & Firdausi, F. . (2024). PENINGKATAN PRODUKSI DAN DAYA BELI METODE SENSORY MARKETING DI TASLIMIYAH BAKERY BULULAWANG MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10917–10922. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37292