STRATEGI SUKSES MEMBANGUN BISNIS ONLINE GENERASI MUDA UNTUK SISWA/I SMK KARYA NASIONAL DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA

Authors

  • Rahayu Tri Utami Universitas Ichsan Satya
  • Edy Sambodja Universitas Ichsan Satya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37252

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, SMK Karya Nasional, Manajemen Bisnis, Pelatihan Kewirausahaan, Kabupaten Kuningan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan pelajar SMK Karya Nasional Kabupaten Kuningan dengan cara pelatihan Go Digital : Strategi sukses membangun bisnis online generasi muda untuk pelajar SMK Karya Nasional di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Pelatihan saat ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman pelajar mengenai konsep dasar bisnis, pengembangan produk, pemasaran, dan kewirausahaan. Diharapkan, melalui kegiatan ini, pelajar dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia kerja atau memulai usaha sendiri. Dengan tujuan potensial untuk kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah : Pertama, Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan: Membekali pelajar dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk memulai dan menjalankan bisnis mereka sendiri. Kedua, Penguatan Keterampilan Manajemen: Meningkatkan kemampuan pelajar dalam merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan bisnis. Ketiga, Peningkatan Minat dalam Bidang Bisnis: Menumbuhkan minat pelajar terhadap dunia bisnis dan kewirausahaan. Keempat, Penguatan Hubungan Sekolah-Industri: Memperkuat kerjasama antara SMK Karya Nasional dengan dunia industri untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja. Dan kelima, Kontribusi pada Perekonomian Lokal: Mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan UMKM yang dikelola oleh pelajar. Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, target peserta yang ideal untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: Pelajar SMK Karya Nasional, Jurusan yang relevan seperti bisnis  dan memiliki bidang bisnis atau kewirausahaan. Diharapkan dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan SMK ini  dapat menjadi model bagi pengembangan program serupa di sekolah-sekolah lain.

References

Devi, Levina Farareta, and Christ Rudianto, ‘Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Ward And Peppard Pada SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa’, INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6.1 (2023), 549–54 <https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.6587>

Al Hakim, Rosyid Ridlo, Budi Harto, and Albertus Laurensius Setyabudhi, ‘Dashboard Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengukur Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT Cakrawala Asia’, Engineering and Technology International Journal (EATIJ), 3.3 (2021), 216–29 <https://doi.org/10.55642/eatij.v3i03>

Hutajulu, Y. Y., Sukmawatie, N., Fidayanti, N., Indrajaya, F., & Ganang, N. M. A, ‘Pelatihan Mengenai Strategi Bisnis Online Bagi Siswa SMK Isen Mulang Palangka Raya’, Diteksi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 1(1) (2023), 22–28

Indrawan, I Gede Adi, Muhammad Ridwan, and Andri Syahputra, ‘Pelatihan Kewirausahaan Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Di SMK Teuku Umar, Pondok Aren, Tangerang Selatan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2.3 (2024), 682–91 <https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.880>

Neliwati, Neliwati, Khairani Khairani, and Sonia Purba Tambak, ‘Evaluasi Pengelolaan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI SMK Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen’, Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5.4 (2023), 2285–2313 <https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2907>

Rahayu, Mulia, Agus Yulianto, Maruloh, Asri Wahyuni, Iwan, Dikdik Permana Wigandi, and others, ‘Laporan Akhir Mandiri: Kiat Sukses Membangun Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Smartphone Bagi Warga Sekitar RPTRA Kalideres’, 1.1 (2019), 13–18

Sari, Anggri Puspita, Dina Dewi Anggraini, Marlynda Happy Nurmalita Sari, Dyah Gandasari, Valentine Siagian, Ri Sabti Septarini, and others, Kewirausahaan Bisnis Online, Yayasan Kita Menulis, 2020

Slamet Riady, Achmad Fageh, ‘Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang’, Communnity Development Journal, 4.2 (2023), 3796–3804 <https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.70>

Sueb, Sueb, and Madziatul Churiyah, ‘Strategi Perencanaan Bisnis Teaching Factory Dalam Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Siswa Melalui SWOT (Studi Kasus SMK Darut Taqwa Purwosari Kab. Pasuruan)’, JUBIMA?: Jurnal Bintang Manajemen, 1.2 (2023), 33–53

Suhardi, Yusuf, Baharuddin Husin, Meita Pragiwani, Parmansyah Maliki, Arya Darmawan, Zulkarnaini Zulkarnaini, and others, ‘Melalui Kewirausahaan Generasi Muda Siap Untuk Masa Depan Sejahtera: PKM Di SMK Al-Washliyah Rawamangun’, PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 1.1 (2021), 21–26 <https://doi.org/10.36406/progresif.v1i1.410>

Downloads

Published

2024-11-10

How to Cite

Utami, R. T. ., & Sambodja, E. . (2024). STRATEGI SUKSES MEMBANGUN BISNIS ONLINE GENERASI MUDA UNTUK SISWA/I SMK KARYA NASIONAL DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10830–10836. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37252