PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK MEWUJUDKAN SCHOOL WELL BEING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim
  • T Rafli Abdillah Universitas Almuslim
  • M Rezeki Muamar Universitas Almuslim
  • Asrul Karim Universitas Almuslim
  • Fachrurazi Fachrurazi Universitas Almuslim
  • Piki Mulani Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37152

Keywords:

Modul_Ajar_Berdiferensiasi; School Well Being ;Sekolah Dasar

Abstract

Pelatihan pembuatan modul ajar berdiferensiasi untuk mendukung school well-being di sekolah dasar bertujuan untuk membekali guru dengan keterampilan dan pengetahuan dalam merancang pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan beragam siswa. Modul ajar berdiferensiasi dirancang agar guru dapat memberikan materi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kesejahteraan siswa di sekolah. Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru sekolah dasar yang didampingi dalam menyusun dan mengimplementasikan modul ajar berdiferensiasi melalui berbagai metode seperti penyuluhan, pelatihan berbasis teknologi, demonstrasi, dan pendampingan langsung di kelas. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih bervariasi dan interaktif. Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi juga tercermin dari peningkatan school well-being siswa, yang dilaporkan lebih terlibat aktif dalam pembelajaran dan merasa lebih nyaman serta termotivasi di lingkungan sekolah. Selain itu, kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan penerapan modul ajar berdiferensiasi.Beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya bagi guru untuk menyusun modul, disarankan untuk diatasi dengan pendampingan berkelanjutan dan peningkatan akses terhadap teknologi pendidikan. Pelatihan ini diharapkan memberikan dampak jangka panjang dalam menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif, responsif, dan mendukung kesejahteraan siswa secara menyeluruh.

References

Hayati, R. (2023a). BAB 3 INOVASI DAN KATEGORI ADOPTER. Inovasi Pendidikan.

Hayati, R. (2023b). Pelatihan Pentingnya Hakikat Kategori Adopter (Innovator, Early Adopter, Early Majority, Late Majority, Laggard) Dalam Difusi Inovasi Pendidikan Di Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 4(4), 7643–7649. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19141

Hayati, R., Abdillah, T. R., Meilinar, F., & Zuraini, Z. (2024). PENDAMPINGAN GURU MELALUI DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI TPACK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26408

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Habsari, S. P. (2023). Penerapan filsafat pendidikan oleh tenaga pendidik di sekolah dasar. 10(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702

Hayati, R., Marzuki, M., Yus, A., & Armanto, D. (2023). Leadership Of The School Principle In Improving Teacher Performance in Elementary Schools. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2).

Hayati, R., Muamar, M. R., Wahyuni, R., Miswar, M., & Marzuki, M. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9454–9459. https://doi.org/10.51574/patikala.v3i1.858

Hayati, R., Sari, N., Fajrianti, Fitriyati, I., Maulani, G., Hadikusumo, R. A., Saputra, M. D., Sa’idah, S., Agustina, P., Tangko, B. O. A., Rini, R. Y., Saptadi, N. T. S., Syarifah, T., & Siregar, R. W. (2024). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. In PENERBIT PT SADA KURNIA PUSTAKA (Vol. 11, Issue 1).

Hayati, R., Zuraini, Z., Rahmi, W., Eli, N., & Mailiyana, M. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM BIDANG PENELITIAN DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH DI SEKOLAH DASAR. Rambideun?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 165–171. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/pkm.v6i2.1882

Herdianto, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran Diferensisasi Untuk Studentswell-Being pada Siswa Kelas IV SDN Beji 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 1–23. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/111/130

Husna, F., & Abdurrahman. (2024). Upaya Mewujudkan Student Well-Being Melalui Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA Nurul Jadid. Jurnal Educatio, 10(1), 105–113. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6665%0Ahttps://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/6665/4195

Maulani, G., Wachyudi, K., Astuty, H. S., Tri, N., Saptadi, S., Hayati, R., Tandirerung, V. A., Nababan, H. S., Iskandar, R., Arribathi, A. H., Saniah, N., Susilawati, E., Usnur, U. H., Hadikusumo, R. A., & Siregar, R. W. (2024). Komunikasi Pendidikan. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=_N7rEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:PmOHGbpG3JIJ:scholar.google.com&ots=kq8ovxjlh9&sig=wVk_VF-jbC_7LNCW5x5vzjoOZik&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mudatsir, Freliyanti, W. N. C. L. S. R. H., Mukra, R., Syarifah, H. S. A. B. P. T., Yuliwati, R. S. M. T. R., Atin, E. S. S. S., & Holid, A. (2024). Pendidikan Profesi Keguruan (M. P. Ahmad Choirul Ma’arif (ed.)).

Nurmayasari, K. V., & Prafiasari, A. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mewujudkan Student’s Well Being pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.88

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Sasmito, E. (2022). Upaya Mewujudkan “Student Well Being” Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdefrensiasi Di Sma Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 619. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57951

Zuraini, Z., Nofriati, E., & Hayati, R. (2024). Optimalisasi Model-Model Pembelajaran pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6047–6051. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4624

Zuraini, Z., Nofriati, E., Hayati, R., & Zulhelmi, Z. (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KREATIFITAS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP GURU-GURU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9454–9459.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Hayati, R. ., Abdillah, T. R. ., Muamar, M. R. ., Karim, A. ., Fachrurazi, F., & Mulani, P. . (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK MEWUJUDKAN SCHOOL WELL BEING DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10669–10675. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37152