PELATIHAN MICROSOFT SWAY PADA KELOMPOK GURU SMP AL-QALAMSWAY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.37028Keywords:
Pelatihan, Microsoft Sway, Guru, Pembelajaran Interaktif, SMP Al-Qalam, Teknologi Pendidikan.Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran interaktif di SMP Al-Qalam. Microsoft Sway memungkinkan guru untuk menyusun materi secara lebih menarik dan dinamis, sehingga dapat memfasilitasi proses belajar mengajar yang lebih efektif. Melalui pelatihan ini, para guru diajarkan cara membuat presentasi berbasis web, menambahkan multimedia, dan mengintegrasikan berbagai sumber informasi. Hasil dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran di kelas.References
Ali, N., & Anggo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis MindManager Konsep Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpb.v8i1.11219
Amelia, R., & Islamy, M. I. (2022a). Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Online Multiplatform bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Kelas Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research on Community Engagement, 3(2), 60–64. https://doi.org/10.18860/jrce.v3i2.15792
Amelia, R., & Islamy, M. I. (2022b). Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Online Multiplatform bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Kelas Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research on Community Engagement, 3(2), 60–64. https://doi.org/10.18860/jrce.v3i2.15792
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Iqbal, M., Basuno, E., & Budhi, G. S. (2007). Esensi dan Urgensi Kaji Tindak Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Berbasis Sumberdaya Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 25(2), 73–88.
Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71
Pangemanan, L. M. W., Warouw, Z. W. M., & Dungus, F. (2023). VIDEO ANIMASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Genta Mulia, 14(2). https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.370
Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778
Siahaan, M. M., Sijabat, A., Sinaga, C. V. R., Siahaan, T. M., Sianipar, H. F., & Siahaan, S. (2022). UTILIZATION OF DIGITAL PLATFORMS IN CREATING INDEPENDENT LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Abdimas Galuh, 4(1), 173. https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.6971
Simangunsong, A. R., Rakhmawati, F., & Nuh, M. (2022). PENGEMBANGAN STRATEGI BLENDED LEARNING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). AXIOM?: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 137. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12593
Simbolon, D. H., Perangin, R. H., & Sebayang, K. (2021). PENERAPAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS TINGGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS QUALITY. JURNAL CURERE, 5(2), 92. https://doi.org/10.36764/jc.v5i2.658
Susanti, I., Adi, P. N., Oktaga, A. T., Nurdianto, K., & Aditya, G. (2022). Pelatihan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris Berformat e-Pub dengan Aplikasi Book Creator. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 5–15. https://doi.org/10.54066/abdimas.v1i2.228
Twiningsih, A. (2022). Penggunaan Media Si Pagar Air Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2267–2274. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erlando Doni Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.