PELATIHAN TATA KELOLA PELAYANAN PUBLIK YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL BAGI APARATUR NAGARI PAINAN SELATAN PAINAN

Authors

  • Irwan Irwan Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Felia Siska Universitas, PGRI Sumatera Barat
  • Yenni Melia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Neffi Sulkaisi Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36998

Keywords:

Pelatihan, Tata Kelola, Pelayanan Publik, Transparan Dan Akuntabel, Aparatur

Abstract

Pelayanan publik yang transparan dan akuntabel merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Namun, banyak aparatur di tingkat nagari masih menghadapi berbagai kendala dalam mewujudkan standar pelayanan tersebut, termasuk di Nagari Painan Selatan Painan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada aparatur Nagari Painan Selatan Painan Sumatera Barat agar dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam memberikan pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel. Pelatihan ini meliputi peningkatan pemahaman terhadap prinsip-prinsip tata kelola pelayanan publik, pengelolaan informasi secara terbuka, serta penerapan akuntabilitas dalam setiap proses pelayanan. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan aparatur dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut, serta adanya perbaikan dalam pengelolaan pelayanan publik di Nagari Painan Selatan Painan.

References

Abidin, M. Z., & Sabirin, M. (2021). Kebijakan Dan Strategi Peningkatan Mutu Penelitian Dan Publikasi Ilmiah Dosen Pada 3 (Tiga) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Ptkin) Di Kalimantan (M. I. Assyauqi (Red); Satu). Antasari Press.

Adhy Yulianto, & Harsoyo Harsoyo. (2023). Kualitas Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Aparatur Sipil Negara (Asn) Bertaraf Internasional. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 20(2), 246–261. Https://Doi.Org/10.56444/Mia.V20i2.1136

Ainun Nafisah, & Siti Marwiyah. (2022). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (Godigi) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. Jurnal Niara, 15(3), 507–513. Https://Doi.Org/10.31849/Niara.V15i3.10832

Alhdar, S., Van Gobel, L., Rachman, E., Hasan, K. K., & Adam, M. P. (2023). Penguatan Tata Kelola Administrasi Terhadap Pelayanan Publikdi Kelurahan Polohungo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4697–4704. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.16064

Cahyono, T. D., Mardinata, E., Suarantalla, R., Aliyah, J., Ismiyarti, W., & Irawati, I. (2024). Optimasi Pelayanan Publik Melalui Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Opensid Di Masyarakat Desa Tatede. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–49. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V5i1.24004

Fakhrurrazi, Nurhafni, Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2023). Pelatihan Dan Pengelolaan Teknologi Informasi Berkelanjutan Dalam Peningkatan Pengembangan Desa Digital Pada Bidang Pelayanan Publik Dan Kearsipan Di Gampong Reuleut Timur. Ajad?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 213–221. Https://Doi.Org/10.59431/Ajad.V3i3.196

Febri Dwi Ramayanti, Febri Yuliani, & Adianto. (2022). Efektivitas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi Dalam Memberi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Niara, 15(2), 235–251. Https://Doi.Org/10.31849/Niara.V15i2.8887

Hantono, D., Sidabutar, Y. F. D., & Hanafiah, U. I. M. (2018). Kajian Ruang Publik Kota Antara Aktivitas Dan Keterbatasan. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 5(2), 80. Https://Doi.Org/10.26418/Lantang.V5i2.29387

Hariyana, L. (2022). Efektivitas Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Online Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda.

Irmawati, I., Wijaya, A. A. M., & Basir, M. A. (2022). Transparansi Pelayanan Publik Dalam Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Labalawa Kecamatan Betoambari Kota Baubau. Journal Of Government Science Studies, 1(2), 50–57. Https://Doi.Org/10.30598/Jgssvol1issue2page50-57

Nababan, S. (2020). Strategi Pelayanan Informasi Untuk Meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 166. Https://Doi.Org/10.31315/Jik.V17i2.3694

Natika, L. (2024). Transformasi Pelayanan Publik Di Era Digital: Menuju Pelayanan Masa Depan Yang Lebih Baik. The World Of Public Administration Journal, 6(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.37950/Wpaj.V6i1.2040

Nugroho, R. (2006). Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo, 213.

Srisadono, W. (2018). Komunikasi Publik Calon Gubernur Provinsi Jawa Barat 2018 Dalam Membangun Personal Branding Menggunakan Twitter. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 213–227. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32509/Pustakom.V1i2.700

Supratini, F., Kencana, D. T., Fadly, M., Amanda, A., Renaldi, P., & Redita, S. R. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Publik Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 - 2020). Konferensi Ilmiah Akuntansi 5, 1–12.

Sururi, A. (2016). Inovasi Kebijakan Publik (Tinjauan Konseptual Dan Empiris). Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 4(3).

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Dialogue?: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.14710/Dialogue.V2i1.8182

Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik Di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial Dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), 185–211. Https://Doi.Org/10.36859/Jap.V1i01.47

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Irwan, I. ., Siska, F. ., Melia, Y. ., & Sulkaisi, N. . (2024). PELATIHAN TATA KELOLA PELAYANAN PUBLIK YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL BAGI APARATUR NAGARI PAINAN SELATAN PAINAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10604–10607. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36998