PENGUATAN LITERASI BACA QUR'AN : PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK-ANAK PEDAGANG PASAR

Authors

  • Husain Nurisman Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Ahmad Fahrudin Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3689

Keywords:

Literasi Baca, Qur’an, Karakter

Abstract

Orang tua cenderung hanya memenuhi kebutuhan materi saja, namun kebutuhan rohani acapkali terabaikan. Salah satu anak-anak yang perlu diperhatikan adalah anak-anak yang orangtuanya sangat sibuk bekerja, tidak terkecuali anak-anak pedagang di pasar yang kesehariannya di pasar ikut dengan orangtuanya. tujuan program ini adalah untuk membantu para orang tua , untuk menddik anak mereka dapat membaca Alquran dengan baik.Metode pelaksanaan menggunakan Metode Qiraati telah banyak mengantarkan para pembelajar untuk dapat secara cepat mampu membaca Al Qur’an secara bertajwid. Metode ini merupaan metode yang sistematis , berjenjang dan mempunyai tahapan evaluasi pada tiap=tiap tingkatan. Jumlah mitra atau anak yang ikut program ini sebanyak 24 anak, yang mayoritas orangtuanya pedagang di pasar. Hasil program ini mendapat respon yang baik dari orangtua dan masyarakat sekitar. Anak sudah dapat membaca Iqro pada tingkatan atas(lancar membaca) sebanyak 7 anak sudah dapat membaca namun lamban  dan 9 anak yang masih belajar mengenal huruf. Kegiatan ini perlu digalakkan agar anak terlatih untuk dapat membaca Alquran dengan benar dan baik. Kata Kunci : Literasi Baca, Qur’an, Karakter

References

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.

Hadi, S., Puspita, F., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Penyuluhan dan pembelajaran karakter melalui pelaksanaan idul adha pada siswa SMA. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 205-210.

Handoko, H., Siregar, R. J. E., & Wulansari, L. (2018, September). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018.

Miskanik, M., & Handoko, H. (2018, September). LAYANAN INFORMASI “M3 (MY HABITS, MY CHOICE, MY SUCCES)†DALAM MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK MENJADI PRIBADI UNGGUL DI ERA POST MODERN. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Widiyarto, S., Aqil, D. I., Wulansari, L., Widiarto, T., & Rizkiyah, N. (2021). Penyuluhan Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 150-156.

Downloads

Published

2022-02-22 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Nurisman, H. ., Suyana, N. ., Fahrudin, A. ., & Widiyarto, S. . (2022). PENGUATAN LITERASI BACA QUR’AN : PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK-ANAK PEDAGANG PASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 214–219. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3689 (Original work published February 22, 2022)