STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENERAPAN DESAIN VISUAL DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR PADA USAHA EMPING SINGKONG KHANZA DI DESA TALANG NANGKA

Authors

  • Tyara Nur Azizah Universitas Indo Global Mandiri
  • Mei Sari Universitas Indo Global Mandiri
  • Dharma Pratika Universitas Indo Global Mandiri
  • Rio Putra Hariyadi Universitas Indo Global Mandiri
  • Roswaty Roswaty Universitas Indo Global Mandiri
  • Lili Syafitri Universitas Indo Global Mandiri
  • Andini Utari Putri Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36835

Keywords:

Strategi Pemasaran, Desain Visual, UMKM

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan strategi pemasaran melalui desain visual untuk memperluas jangkauan pasar pada usaha Emping Singkong Khanza di Desa Talang Nangka. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas penggunaan desain visual dalam meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan pasar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain visual yang menarik pada kemasan dan media promosi online berhasil meningkatkan minat konsumen dan memperluas jangkauan pasar Emping Singkong Khanza. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya strategi pemasaran berbasis desain visual bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing di era digital.

References

Arista, C., Sholikhah, A., Saharani, A. E., Rotama, A., Brillianta, A., Falach, M. Z., & Oktavia, I. (2024). Nusantara Community Empowerment Review Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital Nasi Menthok Bu Roni. 2(2), 112–118.

Dewanti, R. A., Nisa, F. L., & Marseto, M. (2023). Penerapan Konsep Digital Marketing Menuju Ekonomi Kreatif Bagi Umkm Desa Ngepoh Kabupaten Probolinggo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2018. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16199

Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., & ... (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kemplang Ubi di Desa Talang Nangka, Kab. Muara Enim, Kec. Lembak. Community: Jurnal …, 2(1), 83–91.

Fitria, M., Pandin, A. T., Shabrina, A., Gunawan, D. F., Prianka, W. T., & Gunadi, H. (2023). Penerapan Design Thinking dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher. Journal of Research on Business and Tourism, 3(1), 1. https://doi.org/10.37535/104003120231

Helmi, S., Anggela, N., & Trisninawati, T. (2024). Penerapan Pemasaran Digital Pada Umkm Kemplang Di Desa Pemulihan Ulu. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 646–652. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3745

Ramadhan, D. A., Fitriah, M., & Sukarelawati, S. (2024). Site Design dan Interactive melalui Instagram: Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Cimanggu. MAVIS?: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 12–19. https://doi.org/10.32664/mavis.v6i01.1170

Sabillah, A., Utami, M., Ramadani, L. A., Liananda, I., & ... (2023). Pemberdayaan UMKM Berbasis Kearifan Lokal terhadap Pengolahan Ubi Singkong Menjadi Kemplang Siap Konsumsi di Desa Talang Nangka, Kecamatan Lembak. Journal Of Human And …, 3(3). http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/323%0Ahttps://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/323/188

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Azizah, T. N. ., Sari, M. ., Pratika, D. ., Hariyadi, R. P. ., Roswaty, R., Syafitri, L. ., & Putri, A. U. . (2024). STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENERAPAN DESAIN VISUAL DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR PADA USAHA EMPING SINGKONG KHANZA DI DESA TALANG NANGKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10485–10490. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36835

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.