STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENERAPAN DESAIN VISUAL DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR PADA USAHA EMPING SINGKONG KHANZA DI DESA TALANG NANGKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36835Keywords:
Strategi Pemasaran, Desain Visual, UMKMAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan strategi pemasaran melalui desain visual untuk memperluas jangkauan pasar pada usaha Emping Singkong Khanza di Desa Talang Nangka. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas penggunaan desain visual dalam meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan pasar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain visual yang menarik pada kemasan dan media promosi online berhasil meningkatkan minat konsumen dan memperluas jangkauan pasar Emping Singkong Khanza. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya strategi pemasaran berbasis desain visual bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing di era digital.References
Arista, C., Sholikhah, A., Saharani, A. E., Rotama, A., Brillianta, A., Falach, M. Z., & Oktavia, I. (2024). Nusantara Community Empowerment Review Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital Nasi Menthok Bu Roni. 2(2), 112–118.
Dewanti, R. A., Nisa, F. L., & Marseto, M. (2023). Penerapan Konsep Digital Marketing Menuju Ekonomi Kreatif Bagi Umkm Desa Ngepoh Kabupaten Probolinggo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2018. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16199
Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., & ... (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kemplang Ubi di Desa Talang Nangka, Kab. Muara Enim, Kec. Lembak. Community: Jurnal …, 2(1), 83–91.
Fitria, M., Pandin, A. T., Shabrina, A., Gunawan, D. F., Prianka, W. T., & Gunadi, H. (2023). Penerapan Design Thinking dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher. Journal of Research on Business and Tourism, 3(1), 1. https://doi.org/10.37535/104003120231
Helmi, S., Anggela, N., & Trisninawati, T. (2024). Penerapan Pemasaran Digital Pada Umkm Kemplang Di Desa Pemulihan Ulu. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 646–652. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3745
Ramadhan, D. A., Fitriah, M., & Sukarelawati, S. (2024). Site Design dan Interactive melalui Instagram: Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kopi Cimanggu. MAVIS?: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 12–19. https://doi.org/10.32664/mavis.v6i01.1170
Sabillah, A., Utami, M., Ramadani, L. A., Liananda, I., & ... (2023). Pemberdayaan UMKM Berbasis Kearifan Lokal terhadap Pengolahan Ubi Singkong Menjadi Kemplang Siap Konsumsi di Desa Talang Nangka, Kecamatan Lembak. Journal Of Human And …, 3(3). http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/323%0Ahttps://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/323/188
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tyara Nur Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.