DEMO MASAK PEMPEK DAN SEBLAK DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DI DESA LEMBAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36834Keywords:
Demo Masak, Ekonomi Kreatif, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
Salah satu inisiatif penguatan ekonomi kreatif Desa Lembak adalah dengan kegiatan demo masak yang dilakukan dalam rangka Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN). Dengan bantuan kurikulum ini, peserta akan belajar bagaimana menyiapkan masakan khas Indonesia seperti seblak dan pempek, yang memiliki potensi pasar yang besar. Warga didorong untuk mengasah keterampilan dalam menghasilkan makanan berkualitas tinggi yang siap dipasarkan melalui instruksi memasak dan pendampingan. Permasalahan yang muncul adalahIbu-ibu catering kesulitan dalam mengontrol tingkat kematangan adonan pempek sehingga teksturnya menjadi tidak sesuai dengan standar yang diharapkan. Beberapa mitra catering juga memiliki kendala dalam membuat kuah seblak yang kaya rasa dan beraroma sedap. Produk pempek dan seblak yang dihasilkan oleh mitra catering belum memiliki ciri khas yang membedakan dengan produk pesaing. Kegiatan ini memberikan wawasan tentang pengemasan produk dan metode pemasaran yang memungkinkan produk bersaing baik di pasar lokal maupun online. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa dan menumbuhkan inovasi dan kemandirian masyarakat yang lebih besar dalam menciptakan perusahaan kuliner. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan semangat dan potensi masyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif yang berpusat pada pangan.References
Agustin Purba, S., Dary DN, W. U., Hidayah, N., & Siahaan, A. (2023). Peranan Mahasiswa KKN 17 UINSU dalam Meningkatkan Mutu Desa Kelumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Berbasis Agama, Pendidikan, Ekonomi, Teknologi, dan Kesehatan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1291–1300. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.5234
Aryani, R., Hildayanti, S. K., Hartati, L., & Hendarmin, RM. R. (2023). Penggunaan e-Commerse sebagai Pendukung Pemasaran Produk Inovasi Emping Singkong UMKM Masyarakat Desa Petanang. Community Development Journal, 4(4), 7101–7108.
Azizah, A., An Nafisah, S., Hafizh, M., Renaldo, M., Bariq Naufal Afif, M., Desitama Anggraini, L., Kemala Ratu, M., & Dewi Purnamasari, E. (2022). Penerapan E-Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Wisata Danau Shuji Lembak Kabupaten Muara Enim.
Farina, K., & Opti, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Umkm. Jesya, 6(1), 704–713. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1007
Ghina, A., Desitama Anggraini, L., & Aziatul Pebriani, R. (2024). SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Pengabdian masyarakat?: membangun kemampuan penetapan harga produk makanan sesuai tren pasar dan target konsumen bagi UMKM. 8(2), 1956–1974.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Kemala Ratu, M., Afriyani, F., Meiriasari, V., Ekonomi, F., Akuntansi, P., Indo Global Mandiri, U., & Manajemen, P. (n.d.). PELATIHAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK POTENSI UNTUK PELAKU UMKM DI DESA ALAI SELATAN TRAINING ON SELLING PRICE DETERMINATION OF POTENTIAL PRODUCTS FOR MSMEs IN DESA ALAI SELATAN. In INTEGRITAS?: Jurnal Pengabdian (Vol. 8, Issue 1).
Lestari, R., Hertati, L., & Rahmaniyah, S. (n.d.). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia.
Muhammad Asfar, A., Lazuarni, S., Tripermata, L., & Ekonomi Prodi Manajemen, F. (2022). KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK PENGEMBANGAN POTENSI INDUSTRI UMKM DAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS DIGITAL. 5(2). https://doi.org/10.36257/apts.vxix
Musdila Yansi, L., Tetra, A., Husen, A., Naiwan, S., Afriani, F., & Tripermata, L. (n.d.). Pengembangan Produk Home Industry Berbasis Teknologi Digital Marketing dan Peluasan Pemasaran di Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim.
Pendidikan, J., & Konseling, D. (2022). Peranan PT. Pertamina EP Prabumulih Field dalam Mendukung Danau Shuji Menjadi Desa Wisata di Kabupaten Muara Enim (Vol. 4).
Putri Utami, I., Putri Satya Zulhijah, M., Dorianti, D., Amanda Kurniawan, D., Veronica, M., Ulum, B., & Rum Hendarmin, R. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN PENGEMBANGAN KEMASAN PADA UMKM MAK MIRWAN DI DESA TALANG NANGKA KEC. LEMBAK KAB. MUARA ENIM. Communnity Development Journal, 4(4).
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Rovita, D., Desitama Anggraini, L., Wulandari, T., & Dewi Purnamasari, E. (2023). DIVERSIFIKASI PRODUK UMKM KERUPUK KEMPLANG DI DESA LEMBAK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK. 7(3).
Siddik, R., Sari, R. N., Khayrani, P. A., Sulistiani, L. H., Veronica, M., Ulum, M. B., & Rum Hendarmin, R. M. (2023). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK UMKM KEMPLANG IKAN NAJWA DI DESA TALANG NANGKA KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. 6(3). https://doi.org/10.36257/apts.vxix
Simanjuntak, J., Marlina, R., Shanshabilla, A., Oktariani, E., Putri, ah, Josse, F., Desitama Anggraini, L., Kemala Ratu, M., & Dewi Purnamasari, E. (2022). Edukasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UMKM Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. 6(2581–1932).
Susanti, A., Suratan Handayani, L., Komariah Hildayati, S., Hertati, L., & Rum Hendarmin, R. M. (2023). BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM DI DESA PETANANG. Communnity Development Journal, 4, 7628–7635.
Widiya, A., Desitama Anggraini, L., Kemala Ratu, M., Dewi Purnamasari, E., & Ekonomi, F. (2022). PENDAMPINGAN PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) DAN HARGA JUAL PADA UMKM KERUPUK DAN KEMPLANG DESA LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. 6.
Wulandari, D., Makini, I. F., Aulia, A. P., & Rahman, M. A. (2024). Implementasi Sistem Informasi Wisata Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Promosi Destinasi Pariwisata di Muara Enim. Jurnal Komputer Dan Elektro Sains, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.58291/komets.v2i1.192
Wulandari, T., Desitama, L., & Purnamasari, E. D. (2024). Pengelolaan keuangan untuk peningkatan kualitas hidup dan mendukung SDG 1: Menghapus kemiskinan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21438
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sindi Ayu Lusiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.