PEMANFAATAN PENGOLAHAN AIR BERSIH BERBASIS TENAGA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PDEODE UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DAN MENINGKATKAN LITERASI SAINS GURU DAN SISWA DI PULAU PUTIANGIN

Authors

  • Tismi Dipalaya Universitas Bosowa
  • Muh. Idris Taking Universitas Bosowa
  • A. Rizal Universitas Bosowa
  • Ahmad Swandi Universitas Bosowa
  • Fina Melani Putri Universitas Bosowa
  • Abdurrachman Rahim Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36726

Keywords:

Pengolahan Air Bersih, Energi Surya, Model PDEODE

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan akses air bersih berbasis tenaga surya dan meningkatkan literasi sains pada guru dan siswa di Pulau Putiangin. Dengan memanfaatkan teknologi pengolahan air berbasis tenaga surya, program ini mengintegrasikan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan relevan. Teknologi yang diperkenalkan adalah sistem pengolahan air dengan reverse osmosis yang didukung oleh tenaga surya, yang tidak hanya hemat energi tetapi juga ramah lingkungan dan berkelanjutan. Metode pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi 5 tahap yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan. Proses pelatihan dilakukan melalui pendekatan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain), yang melibatkan guru dan siswa secara langsung dalam eksplorasi dan diskusi ilmiah mengenai cara kerja teknologi pengolahan air. Dengan model ini, guru dan siswa diajak untuk memprediksi, mengamati, dan memahami prinsip-prinsip ilmiah di balik pengolahan air berbasis tenaga surya, sehingga literasi sains mereka dapat berkembang dengan lebih baik. Program ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi tetapi juga mendukung proses pembelajaran yang mendorong kemampuan berpikir kritis dan analitis. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains terkait energi terbarukan dan siklus air, serta peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran PDEODE dalam mata pelajaran IPA. Selain itu, sistem pengolahan air berbasis tenaga surya yang diterapkan mampu menyediakan air bersih yang memenuhi kebutuhan harian sekolah dan komunitas sekitar

References

Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Exolain-Observe-DiscussS- Explain) pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1713–1720.

Pratomo, R. A., Khairinrahmat, & Awalia, R. (2022). Evaluasi Kawasan Kumuh Pulau-Pulau Kecil (Studi Kasus: Permukiman Kumuh Padei Laut, Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali). COMPACT: Spatial Development Journal, 1(1), 24–36.

Rettob, A. L., & Waremra, R. S. (2019). Pompa Air Bertenaga Energi Matahari (Solar Cell) Untuk Pengairan Sawah. Musamus Journal of Science Education, 1(2), 046–052. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i2.1451

Sari, C., Fandidarma, B., & Solikin, N. (2020). Pompa Air Harapan: Upaya Penanggulangan Kekeringan dan Pengembangan Usaha Mandiri Masyarakat Desa Kwadungan Lor, Kabupaten Ngawi. Warta Pengabdian, 14(3), 164.

Sariman, S., Irwandi, A., Rizal, A., & Swandi, A. (2023). Pembuatan Sistem Pompa Submersibel Dan Konversi Air Berbasis Tenaga Surya Di SDN 41 Pulau Sabangko. 2(2), 125–133. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2310

Sariman, S., Swandi, A., Ratnawati, R., Buraerah, M. F., & Dipalaya, T. (2023). Desain Prototipe Filter Air Bersih Berbasis Tenaga Surya. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(2), 414–422. https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2877

SAS, A., Farman, I., & Syam, S. (2023). Menggali Potensi Wisata Pantai Laguna melalui Pendekatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Wisata di Kabupaten Barru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 584–592. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.214

Subagiyo, A., Wijayanti, W. P., & Zakiyah, D. M. (2017). Pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Universitas Brawijaya Press.

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Viridi, S., & Sutjahja, I. M. (2021). Trial of DC Submersible Pump 12 Volt 50 Watt with Solar Power and Relationship between Water Discharge and Storage Height. JPSE (Journal of Physical Science and Engineering), 6(2), 61–67.

Taufik, M. (2016). Prototype Pompa Air. November, 1–3.

Wang, J., Rothausen, S. G. S. A., Conway, D., Zhang, L., Xiong, W., Holman, I. P., & Li, Y. (2012). Chinas waterenergy nexus: Greenhouse-gas emissions from groundwater use for agriculture. Environmental Research Letters, 7(1). https://doi.org/10.1088/1748-9326/7/1/014035.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Dipalaya, T. ., Taking, M. I. ., Rizal, A. ., Swandi, A. ., Putri, F. M. ., & Rahim, A. . (2024). PEMANFAATAN PENGOLAHAN AIR BERSIH BERBASIS TENAGA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PDEODE UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DAN MENINGKATKAN LITERASI SAINS GURU DAN SISWA DI PULAU PUTIANGIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10450–10456. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36726