PRAKTEK DAN PARTISIPASI DOSEN DAN MAHASISWA MELATIH BERNYANYI NAPOSO BULUNG HKBP SOLA GRATIA BINJAI

Authors

  • April Hampego Silitonga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Junita Batubara Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Virda Natesya Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ansen Godang Bt. Sitompul Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Aryanda Nugraha Viory Simatupang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Juli Antasari Br. Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Injen Pardamean Butar-Butar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ernest Grace Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3664

Keywords:

Kemampuan Naposobulung, Latihan, Skor lagu, Perangkat Pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi naposobulung di Gereja HKBP Sola Gratia Binjai. Adapun kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen bersama mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris dan Prodi Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas HKBP Nommensen Medan. Kegiatan ini dilakukan, berkaitan dengan mata kuliah  Praktek Lapang Tematik  (PLT) dimana Fakultas Bahasa dan Seni telah membangun Desa Binaan di Lingkungan II, Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur, Kota Binjai. Tahapan kegiatan dalam kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Melakukan survey lokasi di lingkungan II, 2) Merumuskan masalah, 3) Merumuskan pemecahan masalah, 4) Menentukan target luaran dari setiap rangkaian pemecahan masalah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini diperoleh: 1)Naposobulung memberikan respon yang sangat tinggi terhadap kegiatan pelatihan bernyanyi, 2) Naposubulung memiliki keinginan untuk belajar bermain gitar dalam mengiringi lagu “O Holy Nightâ€, 3) Napobulung mampu menyanyikan lagu “O Holy Night pada acara Natal di Gereja HKBP Sola Gratia Lingkungan II, Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur. Tahapan-tahapan ini dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama dikarenakan harus menentukan waktu bersama. Selanjutnya berdasarkan diskusi bersama dengan pihak naposobulung, orangtua dan penatua di gereja tersebut maka mereka menginginkan agar kegiatan ini bisa berlangsung teru menerus dan menjadi bentuk kerjasama melalui Surat Perjanjian Kerja (SPK) dalam meningkatkan kemampuan naposobulung untuk melakukan bernyanyi bersama di acara-acara kebaktian dalam gereja. Diharapkan kerjasama ini dapat berlangsung bukan hanya untuk naposobulung saja tetapi untuk anak-anak sekolah minggu juga.

References

Keraf, G. (2001). Pengertian Tematik. Flores: Nusa Indah.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sherly et al. (2021). Socialization for the Implementation of E-Learning Teaching Models for Teachers and Education Staffs at SMA Sultan Agung Pematangsiantar. ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 5, No. 2, PP. 275-280, DOI: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.879

Sumber Internet ciptakarya.pu.go.id “Deskripsi Wilayah Kota Binjaiâ€.

Downloads

Published

2022-02-11 — Updated on 2022-07-18

Versions

How to Cite

Silitonga, A. H. ., Batubara, J. ., Natesya, V. ., Bt. Sitompul, A. G. ., Simatupang, A. N. V. ., Br. Sinaga, J. A. ., Butar-Butar, I. P. ., & Grace, E. . (2022). PRAKTEK DAN PARTISIPASI DOSEN DAN MAHASISWA MELATIH BERNYANYI NAPOSO BULUNG HKBP SOLA GRATIA BINJAI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 145–150. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3664 (Original work published February 11, 2022)