PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 013 BANGKINANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36612Keywords:
Everyone is Teacher Here,Hasil Belajar,Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi Everyone Is Teacher Here pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas III SD Negeri 013 Bangkinang.Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan jenis desain One Group Pre-test and Post-test.Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas III dengan jumlah siswa kelas III sebanyak 30 orang siswa.Untuk mengetahui keefektifan pengaruh strategi Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa dilakukan analisis menggunakan Uji Paired Sample T Test dengan bantuan IBM SPSS 27.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 jika nilai Sign 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 62,93 pada pre-test menjadi 89,63 pada post-test.Hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan setelah diterapkannya strategi Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 013 Bangkinang.References
Asih, S. R., Riska, N., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Motivasi belajar dan Kemandirian Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 10217–10223. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7974/6540
Elijonnahdi, E., Suhaili, H., Sartini, T., & Kartika, W. (2023). Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here (Eth) Berbasis Quiz terhadap Hasil Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 303–310. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.6520
Harahap, U. K. (2021). Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing dan strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada pokok bahasan penyajian data di Kelas VII SMP Negeri 01 Barumun Kebupaten Padang Lawas. IAIN Padangsidimpuan.
Impianti, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i1.1943
Maghfiroh, L. A., & Rozie, F. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Upt Sd Negeri 84 …. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(8). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/724
Meliansari, V., Alpusari, M., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ipa Siswa Kelas V Sdn 090 Pekanbaru the Influence of Discovery Learning Models To Improve Learning Outcomes in Science Materials for Students of Class V Sdn 090 Pe. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 74–80.
Nisa, H. (2018). Penggunaan Strategi Evryone Is a Teacher Here Terhadap Minat Belajar Matematika Kelas 5. PTK B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadyiah …. http://eprints.umsida.ac.id/3227/%0Ahttp://eprints.umsida.ac.id/3227/1/Hidayatun NIsa %28158620600183%29%27.pdf
Sari, M. Y., Alim, J. A., & Putra, Z. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 013 Petai Baru Kabupaten Kuantan Singingi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 312–319.
Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599
Zuhro, N. A., & Rezania, V. (2023). Pengaruh Implementasi Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Perning. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 232–237.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Leoniy Defitri Lumongga Damanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.