DIGITALISASI PROMOSI UMKM ZALAC FOOD SLEMAN MELALUI OPTIMALISASI WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36525Keywords:
UMKM, Salak, Website, Media SosialAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam mendukung perekonomian lokal. Seiring dengan perkembangan UMKM, para pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan daya saing di era digital. Sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, tim Kegiatan Program Inovasi Kreatif untuk Mitra Vokasi (INOVOKASI) Universitas AKPRIND Indonesia memberikan pendampingan pada pelaku UMKM salak di daerah Srumbung. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi tepat guna (TTG) dalam pengolahan buah salak, serta mengintegrasikan digitalisasi melalui pemanfaatan website dan media sosial guna memperkuat para pelaku UMKN, khususnya posisi pasar UMKM Zalac Food. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode sosialisasi dan penerapan teknologi khususnya penggunaan website dan media sosial sebagai sarana promosi dan proses transaksi pembelian dan pemesanan. Pemanfaatan TTG, proses produksi produk olahan salak diharapkan menjadi lebih efisien dan berkualitas, sehingga mampu memenuhi permintaan konsumen yang lebih luas. Selain itu, Optimalisasi penggunaan website dan media sosial sebagai sarana promosi diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas jaringan pemasaran, serta menciptakan interaksi yang lebih baik dengan pelanggan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing kedua UMKM, baik di pasar lokal maupun nasional, serta memberikan dampak ekonomi yang positif bagi pelaku usaha dan masyarakat sekitar.References
Cahyana, Y., Buana, U., Karawang, P., Ronggowaluyo, J. H. S., & Karawang, T. T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Web Di Desa Bojongsari. Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, 6(2), 47. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu
Cakra Sanjaya, Y., Dewi, S., Tyanto Bagaskoro, F., Situmorang, A. M., Decca Bryanto, R., & Christinauli, C. (2022). Sistem Informasi Berbasis Web Sebagai Media Pemasaran Umkm Di Desa Ngrimbi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 62–67.
Darna, D., Liliana, D. Y., Fatimah, F., Ermis, I., & Metekohy, E. Y. (2022). Pengembangan Website untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM. Bhakti Persada, 8(2), 100–107. https://doi.org/10.31940/bp.v8i2.100-107
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Hidayatun, Roessali, W., & Ekowati, T. (2018). Analisis Potensi Pengembangan Komoditas Salak Paondoh (Salaca edulis) di Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Agrisaintifika Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(1), 60–72.
Kemenkop_UMK. (2023). Peran Strategis UMKM dalam Perekonomian Nasional. Kementerian Koperasi dan UKM.
Lastri, S., Syamsidar, S., & Evriyenni, E. (2024). Pendampingan Pengembangan Bisnis Umkm: Peluang Dan Tantangan Umkm Anggota Persatuan Srikandi Kreatif Indonesia Daerah Aceh. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v4i1.3159
Muhsin, S. (2022). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Perspektif Ekonomi Islam Syamsiah. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Nazhifah. (2022). Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Desa Melung. Intelektiva Journal, 3(10), 146–157.
Nurlailah, E., & Nova Wardani, K. R. (2023). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Oleh-Oleh Khas Kota Pagaralam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(4), 1175–1185. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4006
Pratiwi, R., Lestari, F. B., & Widianto, D. (2015). Pemanfaatan Limbah Buah Salak Pondoh Sebagai Substrat Nata De Salacca Melalui Aplikasi Bioteknologi di Dusun Tegal Domban, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 1(1), 39. https://doi.org/10.22146/jpkm.16937
Sholeh, M., & Pranoto, A. (2023). Jurnal Budimas PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PARA PELAKU UMKM Jurnal Budimas. 05(01), 1–9.
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Ternando, D., & Mulyono, H. (2022). Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada UMKM Jajanan Aulia. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(3), 487–500. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2022.7.3.185
Ustadus Sholihin, & Imam Mukhlis. (2023). Penggunaan Media Sosial dan Market Place Untuk Mengembangkan Pemasaran UMKM. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 204–218. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2266
Zulkarnain, R. (2023). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Manajemen Dan Retail, 3(01), 78–85. https://doi.org/10.47080/jumerita.v3i01.2530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sholeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.