IMPLEMENTATION OF ACCOUNTING BOOKEPING AND MARKETING DIGITALIZATION IN CRAFTSMEN INDUSTRY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36491Keywords:
Pencatatan Akuntansi, Pemasaran, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Usaha Pengrajin Ratna Cempaka Kamasan di Klungkung menghadapi tantangan dalam pencatatan akuntansi yang kurang terstruktur dan proses pemasaran yang belum terdigitalisasi. Kurangnya pemahaman tentang akuntansi yang tepat menyebabkan kesulitan dalam mengelola keuangan dan mengambil keputusan strategi. Selain itu, metode pemasaran konvensional menghambat jangkauan pasar dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Untuk mengatasi permasalahan ini, kami merencanakan pelatihan implementasi akuntansi sederhana untuk membantu pengrajin memahami konsep dasar akuntansi dan menerapkannya secara efektif dalam kegiatan sehari-hari mereka. Metodologi dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) melakukan pendampingan dan membantu dalam pembuatan pembukuan dan laporan keuangan sederhana serta dibuatkan sistem sederhana. 2) Membuatkan media sosial dan Marketplace serta memasarkan ke masyarakat luar. 3) Memberikan pelatihan mengenai prinsip tata kelola perusahaan terutama yang berkaitan dengan penentuan strategi produksi dan pemasaran. 4) Melakukan pembuatan branding dari produk yang ditawarkan.References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Umkm Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31.
Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(1), 51–59. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179.
Putra, I. W. G. Y. D., Sumartini, A. R., & Indriyani, N. M. V. (2022). PKM Implementasi Sistem Akuntansi Sederhana dan Digitalisasi Pemasaran Loloh Daun Terter Pada KWT Dwi Tunggal Putri Desa Taro. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 263-269.
Putra, I. W. G. Y. D., Wedhanapurba, I. B. G. I., & Adyatma, I. W. C. (2023). Optimasi Bisnis Melalui Strategi Digitalisasi Pemasaran dan Pelaksanaan Pencatatan Akuntansi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3278-3283.
Suhartati, Titi., Herbirowo Nugroho, Lia Ekowati, Utami Puji Lestari. 2020. Peningkatan Keterampilan Usaha dan Pembukuan Untuk Usaha Mikro Jamu Tradisional di Wilayah Bogor. Jurnal Mitra Akademia Politeknik Negeri Jakarta
Wahyuningsih, Sri. 2021. Pendampingan Pembuatan Produk Jamu Herbal Masyarakat Desa Keleyan Kabupaten Bangkalan. Volume 7 No 1 April 2021 http://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi ISSN: 2477-6289 . DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i1.8650
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Gde Yogiswara Darma Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.